Minggu, 10 Februari 2019

Novel Tangguh Perkasa, untaian 2: Anak Ajaib


Kini ruang di rumah berdinding bata expose itu terkadang tak lagi sepi, suara tangisan bayi kerap terdengar menggema dari dalam rumah. Tono membuatkan kalung dengan untaian dari kayu berbentuk persegi yang ditengahnya diukir huruf T, menandakan inisial Tangguh. Ia memakaikan kalung itu pada anaknya yang baru lahir, ia merasa amat bahagia dengan kelahiran anak pertamanya itu. Tapi saking bahagianya akan kehadiran sang bayi, Tini dan Tono baru menyadari kalau beberapa hari yang lalu mereka belum membayar biaya kelahiran anaknya pada dukun beranak. 

Di siang harinya, Sartono pergi berjalan kaki ke rumah dukun beranak itu untuk membayar biaya kelahiran anak pertamanya. 

Di depan tempat praktek dukun beranak itu ia merasa heran, kini di tempat itu sepi sekali, padahal seharusnya hari ini dukun itu buka praktek. Papan nama yang ada di depan rumah si dukun beranak itu terlihat telah tumbang, tak lagi berdiri tegak. Pintu rumah dan jendela kayu pun tertutup rapat. Tono mengetuk–ngetuk pintu rumahnya, namun kali ini tak memakai batu sebesar bola softball. Ia terus mengetuknya, tapi tak juga ada yang membuka pintu. Sempat ia melihat ke bawah, di depan teras ada batu sebesar bola softball yang ia pakai untuk mengetuk pintu itu tempo hari. Namun niat untuk mengambil batu itu ia urungkan setelah mengingat kening dukun itu yang benjol gara-gara batu itu. Walaupun merasa bersalah, ia tetap tertawa geli dalam hatinya ketika mengingat hal itu.

Ia pun berjalan pulang. Tak jauh dari tempat dukun itu, ia melihat seseorang yang sedang memotong rumput di tepi jalan. Kemudian Tono bertanya padanya, “Mas. . . .mas apa mas tau dukun beranak itu kemana ya? kok saya kesana nggak ada?” tanya Tono menunjuk ke arah rumah dukun beranak itu.

“Oooh. . . .Mbo parti, dari tadi pagi dia udah pergi. Katanya mau nerusin kuliah lagi ngambil program studi dukun santet. Katanya dia trauma jadi dukun beranak,” jawab si pemotong rumput itu.

Mendengar jawaban itu, Tono merasa aneh dan merapatkan kedua alisnya, tapi ia juga berpikir, “Apakah ia trauma gara–gara kejadian kemarin ya? Ah, ya sudahlah.” Ia kembali ke rumahnya dengan perasaan kurang tenang karena utangnya belum dibayar.

Tapi bukan Tono saja yang merasa tak tenang, tentunya mbo Parti si dukun beranak lebih tak tenang lagi. Sejak pagi-pagi sekali ia pergi membawa gembolan berisi barang-barangnya yang dianggap penting. Di depan rumahnya ia sengaja merobohkan papan nama itu sebelum pergi lantaran kesalnya. Dengan dahi benjol besar dan lebam di pipi, ia berjalan dan bertekad untuk meneruskan kuliah fakultas kedukunan. Ia berjanji pada dirinya sendiri untuk menjadi dukun sakti takkan pernah lagi menjadi dukun beranak. Ia pun pergi menaiki perahu nelayan yang diparkir di tepi pantai tanpa sepengetahuan si pemilik perahu.
*** 

Sebelum Tono datang, Tini terkaget–kaget ketika ia ke kamar untuk melihat anaknya. Pasalnya ia melihat sesuatu yang tak wajar, anaknya yang umurnya belum sebulan sudah bisa berjalan sendiri di kamarnya.. 

Sartono pun tiba dirumah, langsung saja Tini memberitahukan suaminya tentang apa yang terjadi, “Mas. . .mas. . . mas. . . !!!!” ia memanggil suaminya dengan panik.

“Ia, ada apa Tin? memangnya ada apa sih, kamu keliatanya panik?” sahut Pak Tono.
“Mas tau gak sih. . . anak kita mas. . . .anak kita!!!”
“Ia. . . . anak kita kenapa?”
“Hmmm. . .nggak  apa-apa sih mas, cuma. . . . .”
“Cuma apa?”
“Cuma. . . .anak kita mas. . . .anak kita!!!” 
“Ia . . . .ada apaaa???!!!”
“Anak kita tadi sudah bisa berjalan.”
“Ah, becanda kamu, anak  kita baru sebulan masa sudah bisa jalan lagi?” Sartono tak percaya.

Lantas ia melihat ke kamar untuk membuktikan apa yang dikatakan istrinya. Namun di kamar itu ia melihat Tangguh sedang tertidur pulas di ranjang.

“Tuh kan anak kita lagi tidur kok, kamu mimpi kali.” 
Tini mengucek matanya. Ia baru sadar kalau ia baru saja bangun tidur. Ia pun sadar kalau itu hanya mimpi.
***

Bulan demi bulan berlalu, hari ini Tangguh sudah berusia 4 bulan. Saat itu Tini terkejut, tiba–tiba saja ia bisa berbicara pada ibunya.

“Ma. . .mama . . .aku lapar ma,” kata anak itu. 

Spontan saja mulut ibunya menganga, keringat mengalir dari keningnya dan matanya membesar seolah mau keluar dari tempatnya. Tini terkejut, bagaimana tidak, anak sekecil itu sudah bisa berbicara dengan sempurna saat gigi-giginya sama sekali belum tumbuh. 

“Mas. . .mas!!” ucap Tini terbangun dari tidurnya dengan berkeringat.
“Kamu kenapa Tin?”
“Anak kita sudah bisa bicara mas.” 
“Tuh kan, kamu mimpi lagi, ini masih malam.”
Tini menghela napas, ia baru tersadar itu juga hanya mimpi.

***

Bulan demi bulan pun berlalu. Kini anak itu sudah berusia satu tahun. Saat itu, si ibu kembali melihat keluarbiasaan dari anaknya. Ketika suaminya sedang bekerja di pabrik, Tini melihat anaknya membengkokkan sendok stainless di piring makanannya dengan kedua tangannya. Namun Tini lagi-lagi hanya mimpi. Ia baru terbangun setelah ketiduran akibat kelelahan seusai masak dan mencuci. Dari rangkaian mimpinya yang aneh, Tini hanya berpikir, mungkin ini pertanda bahwa Tangguh Perkasa akan menjadi orang yang luar biasa kelak.

Selengkapnya, baca di blog ini >> Novel Tangguh Perkasa


EmoticonEmoticon