Minggu, 01 Oktober 2017

Apakah Pendidikan Tinggi menentukan Kesuksesan?


Mungkin kita ingat, program wajib belajar 9 tahun. Artinya wajib belajar minimal sampai SMP. Tapi nampaknya program tersebut tidak bisa dijalankan oleh seluruh warga negara. Untuk kalangan menengah ke atas tentu bisa. Tapi untuk kalangan menengah ke bawah banyak yang berhenti hanya sampai SD, ada pula yang tak mampu sekolah sama sekali. 

Faktanya biaya pendidikan di Indonesia memang tidaklah murah. Untuk menyelesaikan wajib belajar 9 tahun saja atau lulus SD dan SMP rata–rata dari mulai uang pendaftaran, uang pembangunan, uang SPP, seragam, buku, dll, mungkin uang yang harus dikeluarkan mencapai puluhan juta. Apalagi jika meneruskan ke SMA atau ke perguruan tinggi. Mungkin kalau ditotal biayanya mencapai ratusan juta rupiah atau bahkan bisa lebih.

Tapi yang menjadi pertanyaan adalah apakah jika kita menyelesaikan pendidikan mencapai ke perguruan tinggi kita akan sukses dan kaya raya, atau minimal apakah akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan?

Mungkin sebagian dari Anda akan menjawab ya, tapi mungkin Anda akan tercengang ketika mengetahui fakta bahwa pengangguran terbanyak justru lulusan diploma dan sarjana. Sementara di sisi lain banyak orang yang sukses walau tanpa kuliah atau tidak lulus kuliah


EmoticonEmoticon