Jumat, 24 Desember 2010

Cut & Fill

Pada dasarnya tanah di permukaan bumi tidaklah rata. Setiap permukaan bumi memiliki elevasi yang berbeda – beda. Namun untuk membangun suatu bangunan atau jalan diperlukan tanah yang rata. Metode untuk meratakan tanah tersebut disebut cut & fill (memotong dan mengurug). Volume tanah yang akan di cut atau di fill diketahui dari peta kontur. Peta kontur merupakan peta yang berbentuk garis – garis yang menunjukkan elevasi tanah di suatu area.

Jika dari hasil perhitungan tanah ternyata lebih banyak di cut maka tidak perlu mengambil tanah dari luar cukup dengan meng-cut tanah di lokasi area yang akan dibangun dan mengurugnya pada bagian – bagian yang perlu diurug. Lain halnya jika dari hasil perhitungan ternyata tanah lebih banyak yang harus diurug tentu harus mendatangkan tanah dari luar untuk meratakan permukaan tanah pada level elevasi yang diinginkan.

Bukan hanya dalam hal pembangunan yang memerlukan perataan permukaan. Dalam kehidupan kita ketika kita lihat kesenjangan yang terjadi telah membuat perbedaan elevasi yang begitu mencolok antara si kaya dan si miskin. Pejabat yang memiliki fasilitas ynag mewah dengan gaji yang selangit. Sedangkan di sisi lain ada yang terkurung dalam kemiskinan. Bahkan untuk makan saja begitu sulit.

Pada kenyataannya kesenjangan sosial telah menimbulkan banyak efek. Seperti halnya bangunan yang dibangun di atas tanah yang tidak rata. Mulai dari aksi pencurian sampai penipuan. Semakin meningkatnya gelandangan dan pengemis. Hal ini tentu harus ada cut and fill. Yaitu bantuan dari si kaya kepada si miskin. Tapi si miskin pun harus punya tekad untuk merubah nasibnya sendiri.

Cut & fill juga dapat di terapkan untuk sikap setiap individu. Misalakan ada orang yang memiliki sifat mudah marah. Dalam hal ini tentu sifat emosi tersebut harus di cut agar tidak terlalu berlebihan. Sedangkan untuk sebagian orng merasa dirinya tidak memiliki kelebihan dan bakat. Dalam hal ini tentu harus di fill agar menjadi yakin bahwa setiap individu pastilah memiliki kelebihannya masing – masing.

Minggu, 12 Desember 2010

STADION - STADION TERUNIK DAN TERINDAH

Stadion dewasa ini didesain dengan bentuk – bentuk arsitektur yang menarikdan suasana yang indah. Berikut ini beberapa stadion terindah di dunia di dunia :
• Nelson Mandela Bay stadium


Stadion ini merupakan stadion yang dipersiapkan untuk gelaran akbar piala dunia 2010 yang lalu. Nama lain dari stadion ini adalah Port Elizabeth stadium. Selesai dibangun taun 2009 dengan kapasitas 48.000 penonton. Sebenarnya masih banyak stadion lain yang arsitekturnya lebih bagus dari pada stadion ini. Namun alasan saya memasukkan stadion ini dalam daftar adalah karena stadion ini memiliki pemandangan yang indah. Stadion ini dibangun di tepi danau North End. Jadi penonton bisa menyaksikan pertandingan sambil memandangi keindahan danau.

• Cocodrilos Sports Park



Stadion ini berada di Venezuela, Caracas. Kapasitasnya Cuma 3000 penonton. Kalo dibandingin sama stadion siliwangi juga masih kalah. Namun yang menarik dari stadion ini adalah dibangun di pinggir tebing. Dan tebing tersebut dibentengi dinding penahan tanah.

• Stadion Braga, Portugal



Stadion ini merupakan stadion yang dipersiapkan untuk piala eropa tahun 2004 yang lalu. Stadion ini merupakan salah satu stadion yang cukup mahal. Dibangun dengan biaya 122 juta dolar. Yang menyebabkan stadion ini mahal adalah biaya untuk membongkar bongkahan – bongkahan tebing yang ada dipinggirnya. Namun hasilnya sangat luar biasa. Tebing yang ada di belakang gawang menjadi keindahan tersendiri dari stadion ini.

• Stadion Alianz Arena, Munchen



Stadion ini dipersiapkan untuk piala dunia 2006 yang lalu. Stadion ini sekarang dipakai sebagai markas tim Bayern Munchen dan TSV 1860. Pembangunan stadion ini kurang lebih memakan waktu 3 tahun lamanya. Stadion ini menjadi salah satu stadion termodern di Eropa yang memakan biaya hampir 340 Juta Euro. Stadion yang berkapasitas 66.000 penonton ini bentuknya nampak seperti ban mobil. Bagian luar dari stadion ini dilapisi lembaran putih terdiri dari 2874 bantal udara yang transparan dan bantalan udara itu dapat memantulkan sinar cahaya dari dalam stadion.

• Stadion sarang burung (Bird’s nest) Beijing, China.



Stadion ini merupakan stadion yang dipakai di ajang olimpiade Beijing taun 2008 yang lalu. Yang menarik dari stadion ini tentu saja sesuai namanya, stadion ini berbentuk seperti sarang burung. Memiliki daya tampung sampai 80.000 penonton. Cabang olahraga atletik dan sepakbola yang dipertandingkan di stadion ini. dua orang Swiss yaitu Herzog & DeMeuron serta tim dari China Architecture Design Institute. Stadion ini dibangun tahun 2003 dan selesai pada tahun 2007.

• Marina Bay Floating Platform, Singapura



Stadion ini hanya memiliki kapasitas 30.000 orang. Namun yang menarik dari stadion ini adalah dibangun di atas air. Stadion ini terletak di perairan Marina Reservoir, di Marina Bay, Singapura. Struktur permukaan lapangan terbuat dari baja, ukuran lapangan yang mengapung +120 meter panjang dan lebar 83 meter. Dapat menahan beban hingga 1.070 ton, setara dengan berat total berat 9.000 orang, 200 ton perlengkapan dan 30-ton kendaraan militer. Stadion ini dibangun dengan memakan waktu 13 bulan dan selesai taun 2007 yang lalu.

• Kaohsiung World Stadium, Taiwan.



Jika dilihat dari atas, atap stadion ini seperti ular. Stadion ini memiliki kapasitas 40.000 penonton. Stadion ini merupakan stadion ramah lingkungan karena seluruh sumber listriknya berasal dari solar panel. Stadion ini memanfaatkan Solar Panel yang sangat banyak (ada 8.844 sel surya)di bagian atapnya untuk dapat menghasilkan sumber listrik bagi loudspeaker (105 db), pencahayaan (3.300 lux), dua layar raksasa, dan fasilitas lainnya.

• Sapporo dome di jepang



Stadion ini dibangun untuk piala dunia 2002 yang lalu. Stadion ini merupakan stadion yang canggih karena lapangannya dapat berpindah tempat. Lapangan stadion ini dapat dikuluarkan dari stadion dan dapat berputar.

Minggu, 05 Desember 2010

MOBIL TERBANG SOLUSI ATASI KEMACETAN

Penjualan mobil semakin lama semakin banyak, namun tak sebanding dengan pertambahan luas area jalan raya, akibatnya kemacetan di beberapa kota besar tak terhindarkan lagi. Apalagi kalo musim hujan, udah banjir macet lagi, pasti bikin jengkel dan buang - buang waktu.

Mungkin hal itulah yang membuat para peneliti untuk membuat mobil yang bisa terbang. Kedengarannya sih Cuma ada di pilm. Tapi hal ini bukan sekedar khayalan semata. Mobil terbang mungkin beberapa taun lagi sudah banyak dimiliki oleh orang – orang, terutama dari kalangan atas mengingat harganya yang cukup mahal. Ferari 599 GTB misalnya, mobil terbang yang satu ini bisa dimiliki dengan harga US$ 813.000 (sekitar 8 milyar rupiah). Tapi keunggulan dari mobil ini adalah bisa lepas landas secara vertikal seperti helikopter. Jadi begitu anda tejebak macet, anda bisa langsung terbang ke atas. Wah. . . . .asik ya. . . .

Walaupun ide untuk membuat mobil terbang ini bukan sekedar mimpi, namun untuk memilikinya mungkin masih sekedar mimpi. Ya. . . .maklum lah, mobil keor aja ga punya apalagi mobil terbang. Kalo aja harga mobil terbang semakin murah mungkin di jalanan ga ada lagi yang namanya macet. Selain itu juga bisa menghemat pengeluaran negara untuk membangun sistem transportasi. Namun tentu saja harus ada aturan mengenai lalau lintas udara. Jangan sampe ada mobil terbang yang melewati area bandara, bisa bahaya tuch. . . . .

Kalo sudah ada mobil terbang saya pikir di kota yang sangat padat seperti jakarta, yang sudah akrab dengan kemacetan tidak perli lagi membangun banyak – banyak jalan layang. Karena selain membuang banyak bajet, juga berdampak pada lingkungan.

Berikut adalah beberapa foto mobil terbang