Rabu, 04 Oktober 2017

Seandainya Negara Bisa Bicara


Banyak orang yang membandingkan kalau negara ini tertinggal dibandingkan negara lain. Banyak orang yang membandingkan kalau negara ini lebih buruk dibandingkan negara – negara lain. Tapi seandainya negara bisa bicara, ia akan bertanya pada kita, “Apa yang sudah kau perbuat untuk negara ini ?”

Tahukah anda dimana negeri paling kaya di dunia ? Bukan di Amerika, Bukan di Eropa, tapi disini, di tempat kita berdiri, tempat kita berpijak, tempat kita bernafas. Ya, Indonesia merupakan negeri terkaya di dunia.

Mungkin anda akan bertanya, “Lantas apa kekayaan Indonesia, apa kelebihan Indonesia dibandingkan negara lain ?” Dan berikut adalah jawabannya.

Indonesia, memiliki pertambangan emas terbesar di dunia dengan kualitas emas terbaik. “Letaknya di mana ?” di Papua. Pertambangan itu telah menghasilkan jutaan ton tembaga dan ratusan ton emas yang jika diuangkan anda akan kerepotan menghitung angka nolnya. Dan bukan hanya itu, ternyata di bawah lapisan yang ditemukan emas juga ditemukan Uranium, mineral yang 100 kali lipat lebih mahal dari pada emas. “Lalu siapakah yang mengelolanya ?” PT Freeport, atau Amerika yang memiliki teknologi yang mendapatkan 99 % dari keuntungan tersebut, sedangkan yang punya tanah alias Indonesia hanya mendapatkan sekitar 1 %.

Lalu yang kedua, negara ini punya cadangan gas alam terbesar di dunia. Yang terbesar ada di blok Natuna. Jumlahnya sampai ratusan triliun kaki kubik.

Selain dari pertambangan, negara ini juga kaya akan hutan hujan tropisnya. Negara ini memiliki puluhan ribu hektar hutan hujan tropis. Tak salah memang jika Indonesia memiliki keanekaragaman hayati. Luasnya hutan tersebut mempengaruhi kestabilan iklim dunia. Namun sayangnya banyak oknum – oknum yang melakukan penebangan hutan untuk kepentingan pribadi dan golongan.

Kemudian negara ini juga punya lautan terluas di dunia. Dikelilingi 2 samudra yaitu samudra Fasifik dan samudra Hindia. Selain itu negara ini juga punya tanah yang subur. Banyaknya gunung berapi membuat negara ini memiliki tanah yang subur yang dapat ditanami berbagai jenis tanaman.

Negara ini juga punya pemandangan yang luar biasa eksotis di berbagai tempat. Maka tak heran banyak turis yang ingin menghabiskan waktu liburnya di Indonesia.

Dan yang tak boleh terlupakan, negara ini juga punya jumlah penduduk terbesar ke empat di dunia. Dengan jumlah penduduk yang begitu banyak, seharusnya banyak orang yang bisa mengelola kekayaan Indonesia. Dan kita adalah salah satu diantara milyaran penduduk itu.


Jadi masihkah kita bilang bahwa negara ini negara yang miskin ? Sedangkan kita belum bisa menjawab pertanyaan yang diajukan negara pada kita, seandainya negara bisa bicara.


EmoticonEmoticon