Senin, 04 September 2017

Seharusnya Mourinho sudah melatih MU sejak Sir Alex pensiun

Suatu ketika, saat Sir Alex Ferguson mau pensiun dari kursi kepelatihan MU, manajemen MU menanyakan pada Sir Alex tentang siapa pelatih yang cocok menggantikan dirinya.
Berikut kurang lebih pembicaraannya kalau diterjemahkan:
Manajeman MU: "Sir, kira-kira siapa yang cocok untuk menggantikan Anda di musim depan?"
Sir Alex : "Mou," jawab Sir Alex dengan singkat.
Manajemen MU: "Mo..???" tanya manajeman yang kurang begitu jelas mendengar.
Sir Alex : "Mou..., yes." maksudnya (iya, Mou..)
Manajemen MU: "Ooo... Moyes."

Akhirnya dipilihlah David Moyes untuk menggantikan Sir Alex kala itu. Tapi sekarang Mourinho benar-benar dipilih menjadi pelatih MU yang baru menyadari kekeliruannya.
Mungkin begitu ceritanya. Mungkin itu juga. Nggak tau bener atau enggak. Namanya juga ngarang.
=========================================
Tapi bicara soal Mourinho. Dia ini jadi pelatih yang sukses di semua tim yang dilatihnya. Porto mampu dibawa menjadi juara Liga Champion, menyingkirkan tim-tim raksasa eropa. Chelsea mampu dibawa juara setelah puluhan taun nggak juara. Inter milan mampu dibawa juara serie A dan liga champion, bersama Madrid pun sukses memberi gelar, balik lagi ke Chelsea bisa bawa Chelsea juara lagi, walaupun di musim berikutnya harus didepak.
.
Kalau dilihat prestasinya sebagai pelatih, dia jadi pelatih salah satu terbaik di dunia saat ini. Tapi sebagai pemain, dia nggak pernah menjadi pemain sepakbola yang sukses.
.
Justru kesuksesannya dimulai saat dia menjadi penerjemah yang kemudian menjadi asisten pelatih. Lalu menjadi pelatih.
.
Artinya, kesuksesannya butuh proses. Sebagai pemain dia gagal, tapi sebagai pelatih dia sukses. 
.
Banyak pelatih yang sukses sebagai pemain tapi gagal menjadi pelatih. Tapi ada juga pelatih yang sukses sebagai pemain dan juga sukses sebagai pelatih. Sementara Mou gagal menjadi pemain dan sukses sebagai pelatih.
.
Nah, sahabat-sahabat yang baik hatinya, untuk sukses di bidang yang baru seringkali nggak butuh pengalaman sukses di bidang yang lama. Tapi pengalaman gagal bisa menjadi pelajaran untuk meraih kesuksesan. Itu....


EmoticonEmoticon