Minggu, 17 April 2011

Jarak Bintang Yang Menakjubkan


Saat kita keluar di malam hari dan menatap indahnya bintang di langit mungkiin kita tak pernah menyadari kalau bintang yang kita lihat bukanlah bintang yang sekarang.

Logikanya begini, Bintang yang terdekat selain matahari adalah Alfa Centauri. Bintang ini memiliki jarak 4,2 sampai 4,4 tahun cahaya. Artinya cahaya bintang ini untuk sampai ke kornea mata kita membutuhkan waktu 4 tahun lebih. Sebagaimana kita ketahui mata kita bisa melihat kalau ada cahaya yang masuk ke mata kita melalui suatu objek. Jadi bintang Alfa Centauri yang kita lihat adalah bintang 4 tahun yang lalu. Lalu bagaimana bintang yang lain yang jaraknya lebih jauh lagi. Mungkin bintang yang kita lihat adalah bintang puluhan sampai ratusan juta tahun yang lalu.

Bayangkan betapa jauhnya bintang itu. Kecepatan cahaya adalah 300.000 KM/menit. Dengan kecepan cahaya saja cahaya bintang itu harus memakan waktu sampai beberapa tahun untuk sampai ke bumi. Jarak bintang yang sangat jauh, padahal dalam galaksi Bima Sakti ini ada milyaran bintang. Dan di alam semesta diperkirakan ada milyaran galaksi. Jadi tak terhitung berapa jumlah bintang di alam semeta dengan jarak yang begitu jauh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...