Minggu, 24 April 2011

Fakta Unik Sepak Bola

Sepak bola merupakan olahraga terpopuler hingga saat ini. Selalu ada sisi unik di balik sepakbola. Berikut ini merupakan beberapa sisi unik dari sepakbola :

> Penjaga gawang yang mencetak gol terbanyak

Penjaga gawang yang mencetak gol terbanyak adalah Rogerio Ceni. Kiper yang masih bermain di SaO Paolo, Brasil ini telah mencetak 100 gol sepanjang karirnya dan masih mungkin bertambah lagi. Kebanyakan golnya diciptakannya melalui tendangan bola mati. Kiper yang sati ini memang ahli dalam mengeksekusi bola mati. Ia mengalahkan Chilavert yang telah mencetak 62 gol.

> Gol Tercepat
Gol tercepat dicetak hanya dalam waktu 2,8 detik. Gol itu dicetak oleh Nawaf Al Abed pemain depan dari klub Al Hilal Arab Saudi. Kejadian itu berlangsung pada turnamen U-21 Piala Raja Faisal bin Fahad, November 2009 lalu. Saat itu klub Al Hilal menang 4-0 atas lawannya. Begitu wasit meniup pluit, temannya memberi bola dengan sentuhan lalu ia tendang langsung dengan kaki kiri. Tendangannya tak mampu dijangkau kiper klub Al Shoalah yang berdiri agak keluar dari gawangnya.

> Nama tim terpanjang

Nama tim tepanjang adalah tim di liga Thailand nama timnya adalah "Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit Bravo Association Football Club."


> Pemain tertinggi

Pemain tertinggi di dunia yang masih aktif dan tercatat dalam sejarah adalah Kristof van Hout dengan tinggi 2,08 meter. Pemain kelahiran 1987 ini berposisi sebagai kiper untuk klub Belgia, KV Kortrijk.








> Gol terbanyak dalam 1 pertandingan
Gol terbanyak dalam satu pertandingan masih di pegang salah satu tim di liga madagaskar. Bayangkan saja skornya 149-0 yaitu saat AS Adema mengalahkan lawan mereka Stade Olympique I'Emyrne di liga madagaskar.Waktu pertandingan yang 90 menit bisa dibayangkan berapa gol dalam 1 menit jika hasilnya seperti itu. Tapi jangan salah sangka, rupanya gol sebanyak itu dicetak oleh pemain mereka sendiri alias gol bunuh diri. Hal itu terjadi karena para pemain Olympique melakukan protes saat pelatih mereka bertengkar dengan wasit.

> Gagal penalti terbanyak

Gagal penalti terbanyak ternyata dipegang oleh striker Argentina Martin Palermo. Saat itu Palermo gagal mengeksekusi 3 penalti yang dihadiahkan wasit ketika pertangingan Argentina melawan KOlombia dalam Copa Amerika tahun 1999.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...