Sabtu, 26 Maret 2011

PESAWAT TERMAHAL DI DUNIA



Pesawat termahal di dunia adalah pesawat siluman milik angkatan bersenjata Amerika Serikat. Biaya untuk membuat satu unit pesawat ini mencapai 20 triliun rupiah. Waaaaw kalo diitung - itung tuh bisa ngebangun berapa rumah sederhana.

Tampaknya emang layak sih kalau biaya pembuatan pesawat ini sampai begitu mahalnya. Pasalnya pesawat ini memang dibuat untuk mengelabuhi radar sehingga sulit dideteksi oleh radar. Pesawat ini mempu menghindari pendeteksian secara visual, audio, sensor panas, maupun gelombang radio. Pesawat ini didesain untuk terbang setenang mungkin tidak seperti pesawat tempur lainnya yang begitu bising.

Ada radar yang mendeteksi berdasarkan sensor panas. Biasanya pesawat menghasilkan panas di bagian belakangnya terutama pesawat jet. Tapi pesawat ini memiliki sistem yang sangat baik untuk meminimalisir panas yang dikeluarkan. Caranya adalah dengan mengalirkan udara dingin sebelum panas tersebut keluar dari pembuangan.

Radar yang memanfaatkan sensor gelombang pun dibuat tak berkutik. Cara kerja radar ini adalah memancarkan gelombang radio ke udara, ketika ada materi di udara maka gelombang tersebut akan dipantulkan kembali ke pemancar dan bisa diketahui jarak, ukuran, bahkan kecepatan objek yang terkena gelombang tersebut. Tapi bentuk pesawat ini didesain sedemikian rupa untuk memantulkan gelombang radio yang dipancarkan ke segala arah. Sehingga gelombang yang diterima kembali oleh pemancar sangat minim.

Jika dilihat pesawat ini sepertinya bukan pesawat tempur karena tidak terlihat persenjataan yang melekat di pesawat ini. Namun pesawat ini merupakan pesawat yang mampu menjatuhkan bom ke daratan dengan kapasitas yang cukup banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...