Minggu, 20 Maret 2011

Fenomena dan Fakta Bulan

Kemarin kabarnya sedang terjadi supermoon atau fenomena dimana jarak bulan terhadap bumi sedang berada pada titik terdekat sehingga terlihat lebih besar. Bulan tampak 7% lebih besar dari biasanya.titik terdekat bumi dengan bulan dikenal dengan perigee sedangkan titik terjauhnya disebut apogee.


Namun walaupun begitu fakta yang mencengangkan ternyata bulan semakin lama semakin jauh dari bumi. Neil Armstrong manusia pertama yang menginjakkan kakinya di bulan meninggalkan jejak panel reflektor yang terdiri atas 100 cermin beberapa menit sebelum dia meninggalkan bulan pada 21 Juli 1969. Dari panel reflektor cermin tersebut bisa dipantau jarak bumi terhadap bulan setiap saat dengan menembakkan laser. Dan ternyata jarak bumi terhadap bulan semakin jauh sekitar 3.8 cm setiap tahunnya.

Para ilmuan percaya bahwa miliaran tahun yang lalu bulan pernah bertabrakan dengan bumi.Dan itu yang menyebabkan bumi berotasi dengan kemiringan 23,5 derajat dan saat itu jarak bumi terhadap bulan sangat dekat sekali. Dan semakin lama semakin jauh. Jika hal itu benar tentu akan tiba masanya dimana manusia tidak bisa lagi melihat bulan karena saking jauhnya. Tapi jika bulan begitu jauh dari bumi tentu keseimbangan bumi sendiri akan terancam karena pasang surut air laut dipengaruhi juga oleh bulan.

Bulan ternyata memang memiliki misteri dan keunikannya. Apa kalian tau ternyata bulan yang kita liat selalu menunjukkan sisi yang sama. Hal ini dikarenakan rotasi bulan dan revolusi bulan terhadap bumi memiliki kecepatan yang sama.

Dan fakta yang menariknya juga ternyata dahulu pernah terbelah. Itu terjadi ketika jaman Rasulullah Nabi Muhammad SAW. Ketika itu Nabi Muhammad ditantang oleh orang - orang musrik. Mereka berkata "Wahai Muhammad, kalau engkau benar Nabi dan Rasul, coba tunjukkan kepada kami satu kehebatan yang bisa membuktikan kenabian dan kerasulanmu (mengejek dan mengolok-olok)?" Rasulullah bertanya, "Apa yang kalian inginkan ? Mereka menjawab: Coba belah bulan, .."

Maka Rasulullah pun berdiri dan terdiam, lalu berdoa kepada Allah agar menolongnya. Maka Allah memberitahu Muhammad agar mengarahkan telunjuknya ke bulan. Maka Rasulullah pun mengarahkan telunjuknya ke bulan, dan terbelahlah bulan pada saat itu.


Saat ini pun di bulan terlihat ada cekungan yang memanjang terbentang seperti terlihat bahwa bulan memang pernah terbelah. Tapi apa itu memang bekas terbelahnya bulan? saya pun tidak tau. Tapi yang pasti bulan memang pernah terbelah seperti yang tercantum di Al-Qur'an "Sungguh telah dekat hari qiamat, dan bulan pun telah terbelah (Q.S. Al-Qamar: 1)"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...