Kamis, 03 Februari 2011

"Kotoran hewan yang bisa dijadikan minuman enak"

DImana - mana yang namanya kotoran itu bau. Ngak ada kotoran yang bisa dimakan atau diminum

Etsssss. . .. .siapa bilang. Ternyata ada loh minuman yang enak yang harganya mahal tapi sebenarnya dibuat dari kotoran. Ya. . . Kopi luak. Kopi luak disebut - sebut sebagai kopi yang paling enak. Padahal dibuatnya dari kotoran hewan yaitu luwak.

Jika ditinjau dari sejarah, kopi luwak pertama kali dibuat pada jaman belanda. Waktu itu petani kopi kita dilarang untuk mengkonsumsi kopi yang mereka tanam sendiri oleh pemerintah belanda. Tapi suatu saat petani kopi melihat ada hewan yang memakan biji kopi. Dan hewan itu tidak sembarangan memakan biji kopi, tapi dipilih dahulu biji kopi yang terbaik. Petani itu pun melihat tingkah laku hewan Luwak itu. Dan yang aneh adalah kotoran hewan itu ternyata masih berupa geruntulan biji kopi yang masih utuh.

Oleh petani kemudian kotoran Luwak itu dibawa,dibersihkan,dan diolah menjadi minuman kopi. Petani itu pun kemudian terkejut ternyata kopi yang diproses dari kotoran Luwak itu rasanya jauh lebih enak dibandingkan kopi biasa.

Adapun proses pembuatan kopi luwak itu adalah :
Pertama kotoran luwak itu dijemur sampai mengering. Lalu setelah mengerig biji kopi dari kotoran luwak yang masih menempel satu sama lain dipisahkan satu per satu.
Kemudian ditumbuk sampai hancur dan berbentuk bubuk. Setelah itu kopi bisa diseduh.
Harga kopi luwak disebut - sebut jauh lebih mahal dibandingkan kopi biasa dan rasanya pun disebut - sebut jauh lebih enak dibandingkan kopi - kopi lain. Walaupun saya sendiri belum pernah nyoba sih. . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...