Selasa, 15 Februari 2011

Empat Situs Terbaik

Alexa.com merupakan sebuah situs yang mengurutkan peringkat situs, website ataupun blog dan sejenisnya. Google hingga saat ini masih menduduki peringkat pertama disusul facebook di peringkat kedua dan Yahoo di peringkat ketiga. Sementara You tube berada di peringkat keempat.


Saat ini google yang menduduki peringkat pertama memang layak karena situs ini merupakan situs yang paling banyak dikunjungi oleh para pengguna internet. Layanan google yang paling banyak dipakai oleh para pengguna internet tentu saja google search enggine. Setiap kali mereka mencari sesuatu di internet google menjadi andalan walaupun sebenarnya banyak mesin – mesin pencari lainnya di internet.

Google merupakan situs yang tampilannya sangat sangat sangat sederhana jika dibandingkan situs – situs lainnnya. Begitu kita masuk ke situs ini akan muncul warna putih dan satu kotak pencari untuk mencari seseuatu di internet berdasarkan kata kunci. Sebenarnya google memiliki banyak sekali layanan seperti google mail, google wave, google talk, dan masih banyak sekali layanan google lainnnya. Namun tentu saja yang paling sering dipakai adalah search enggine nya. Nampaknya kunci sukses google ini terletak pada kesederhanaan tampilannnya namun kaya akan pelayanan.


Facebook merupakan situs yang paling cepat perkembangannnya. Padahal situs ini baru diluncurkan tahun 2006. Mark zugenberg yang merupakan pendiri situs ini awal mulanya membuat situs ini hanya untuk jaringan sosial antar mahasiswa di kampusnya. Namun dengan begitu cepatnya situs ini menyebar hingga saat ini sudah ada ratusan juta orang yang menggunakan facebook. Saat ini facebook merupakan situs jaringan sosial yang paling populer. Kemunculan facebook menyingkirkan friendster yang saat itu sering diguanakan oleh anak – anak muda. Saat ini setiap orang yang terkoneksi dengan internet hampir pasti ia membuka facebook. Keuntungan facebook pun sangat fenomenal. Situs gratisan ini ditahun 2008 saja mampu meraup keuntungan sebesar 300 juta dolar.


Yahoo merupakan situs yang berada di peringkat ketiga versi alexa.com. Kebanyakan orang menggunakan layanan yahoo berupa email disamping yahoo masangger. Yahoo sendiri didirikan oleh dua orang anak muda Jerry Yang dan David Vilo. Situs ini berawal dari hobi dua mahasiswa elektro Universitas Standford ini. Yahoo merupakan singkatan dari “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”. Yahoo! Merayakan pertama kalinya jutaan klik per harinya pada tahun 1994, yaitu tak kurang dari 100 ribu macam pengunjung yang unik. Yahoo! Adalah brand internet global pertama dan menjangkau pemirsa paling besar dalam dunia maya.


You tube merupakan situs tempat ,elihat dan berbagi video paling terbaik. Situs ini pertama kali dibuat di sebuah garasi. You tube merupakan situs yang telah diakuisisi google. Situs ini pun memiliki perkembangan yang cukup pesat. Pertama kali didirikan tahun 2005 oleh tiga orang pemuda di salah satu garasi. Mereka adalah Chad Hurley, Steve Chan, dan Jawed Karim. Ide untuk membuat situs ini bermula ketika mereka prustrasi saat berusaha mengirim email berisi sebuah video. Mereka
kemudian menyempurnakan infrastruktur platform video sharing mereka selama beberapa jam. Kesuksesan You tube tidak terlepas dari tampilan websitenya. Di situs ini orang dengan mudah mencari video yang ingin ia lihat.

Nah itu dia kilasan singkat mengenai 4 situs teratas versi alexa .com. Namun hingga saat ini saya belum mengerti bagaimana alexa .com mengurutkan situs – situs yang ada di seluruh dunia. Jika cara pengurutannnya berdasarkan jumlah pengunjung saya kira tidak tepat karena saya memiliki beberapa blog salah satunya rivalardiles.blogspot.com ini memiliki peringkat yang jauh di bawah ketimbang blog saya yang lain www.mau-ebook.blogspot.com. Padahal blog saya yang ini memiliki pengunjung yang lebih banyak jika dibandingkan dengan blog saya yang satu lagi itu. Tapi apapun itu yang patut disimpulkan dari situs – situs papan atas tadi adalah memberikan layanan yang terbaik. Keempat situs itu memberikan layanan yang terbaik dan gratis kepada para pengguna internet. Walaupun mereka memeberikan layanan gratis, namun keuntungan yang mereka dapat begitu besar sekali. Ini membuktikan bahwa jika kita memberikan yang terbaik maka kita akan mendapatkan yang terbaik pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...