Rabu, 12 Januari 2011

BAMBU SEBAGAI PENGGANTI BAJA TULANGAN


Beton merupakan material struktur yang mampu menahan kuat tekan yang begitu kuat namun lemah menahan kuat tarik. Oleh sebab itu, untuk mendukung kekuatannya dari beban yang menimbulkan gaya tarik pada struktur tersebut, maka di dalam beton dipasang baja tulangan yang dirangkai sedemikian rupa. Namun material baja yang merupakan logam semakin lama semakin mahal dan proses produksinya yang membutuhkan teknologi tinggi.

Semakin mahalnya baja tulangan mendorong beberapa ahli untuk mencari material alternatif untuk menggantikan peran baja tulangan tersebut. Bahan polimer sempat menjadi kandidat untuk menggantikan peran baja tulangan tersebut. Namun beberapa waktu ini beredar ide bahwa bambu bisa digunakan untuk menggantikan peran baja tulangan pada struktur beton. Ternyata itu bukan merupakan omong kosong belaka. Bambu memang merupakan tanaman tanaman yang kuat. Wajar apabila bambu diusung sebagai kandidat untuk menggantikan baja tulangan.

Tapi tenyata ide untuk menjadikan bambu sebagai material pengganti tulangan bukan baru – baru ini. Tapi beberapa penelitian sudah dilakukan sejak tahun 90-an. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa bambu mempunyai Tegangan tarik yang cukup besar terutama pada bagian kulitnya.

Nah ternyata bambu bukan hanya bisa dijadikan bahan gula ataupun makanan panda. Bukan pula Cuma bisa dijadikan untuk lomba panjat pinang. Tapi bambu juga bisa digunakan sebagai struktur material bangunan.

4 komentar:

  1. jadi teringat skripsi saya dulu,
    " tingkat kekuatan lentur karakteristik beton dengan menggunakan tulangan bambu ".
    nice inpo....xixixixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh Minta Filenya Bos, Untuk Bahan Kuliah. Trimakasih...

      Hapus
  2. wah..saya juga lagi skripsi nih..
    tapi susah nyari buku referensi nya.
    tolong bantu cariin donk..

    BalasHapus
  3. ada buku tentang bambu ga???
    untuk bahan TA ni......
    tolong ya....

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...