Kamis, 01 Desember 2011

ada kalanya rumus matematika tidak bisa dipercaya

Saya terbiasa berjalan kaki ketika pulang kuliah, hampir tiap hari saya berjalan kaki. Dan buat saya sama sekali tak masalah soal itu.

Hari itu saya berjalan menelusuri jalan tuk pulang ke rumah. Tapi saya sembari melihat - lihat adakah penjual koran yang menjual korannya di siang menjelang sore. Loh, bukannya beritanya sudah nggak fresh lagi? Yang menjadi tujuan saya bukan mencari beritanya, tapi ingin mencari iklan pelelangan proyek karena saya mendapat tugas kuliah seperti itu. Tapi memang tak semua koran ada iklan pelelangan tender. Tak semudah menemukan iklan motor, atau lowongan pekerjaan yang hampir di setiap koran ada. Katanya sih ada di koran berinisial MI. Tapi disini tak semudah menemukan koran berinisial PR.

Ketika itu ketika sedang berjalan menelusuri jalan di daerah sarijadi, ada suara yagn memanggil saya dari belakang.

"Mas. . . .mas. . . ..!!" begitu kira - kira.

Dari suaranya seperti suara wanita. Awalnya aku tak yakin suara itu memanggilku, tapi begitu ku menoleh ke belakang ternyata benar orang itu memanggilku. Dan ternyata ia adalah seorang ibu - ibu dan anaknya yang berpakaian lusuh. Ia dan anaknya setengah berlari ke arahku entah apa tujuannya.

Kemudian si ibu itu pun menceritakan maksudnya kepada saya. Ia bercerita bahwa suaminya sedang sakit dan dirawat di rumah sakit. Ia hendak ke rumah sakit tapi tak memiliki ongkos untuk naik angkit ke sana. Ia memohon - mohon bantuan kepada saya sembari menangis. Dan saya pun mengeluarkan selembar uang berwarna hijau dari dompet saya. Saat itu saya kasian sekali pada si ibu dan anak itu yang menangis memohon bantuan.

Tak berapa lama kemudian saya menemukan penjual penjual koran dan ternyata degnan mudahnya saya menemukan koran berinisial MI itu. Kulihat sebentar isinya dan ternyata memang ada banyak iklan pelelangan tender disana. Aku bertanya dalam hati apakah ini kemudahan akibat membantu si ibu tadi.

Beberapa hari kemudian teman saya meminta saya tuk jadi hakim garis pertandingan bola voley pada pekan olahraga mahasiswa. Saya mau saja dan menjadi hakim garis merupakan pengalaman baru. Dan ternyata dari menjadi hakim garis itu saya mendapatkan bayaran yang bisa dibilang cukup menyenangkan. Wajar saja karena itu pertama kalinya saya mendapatkan uang dari hasil sediri. Dan hasilnya ternyata melebihi dari apa yang saya berikan untuk si ibu - ibu yang meminta bantuan tempo hari.

Nah disitu saya berpikir kalau hal - hal tersebut merupakan hal yang saling berkaitan dan memiliki hubungan sebab akibat. Dan fakta yang saya dapat adalah ketika kita memberikan sesuatu sadar atau pun tidak sebenarnya kita tidak kekurangan sesuatu. Disinilah ketika rumus matematika tidaklah bisa dipercaya.

Minggu, 27 November 2011

Nyoba nulis buku

Nggak tau kenapa yah gue lebih ngerasa bebas kalo nulis dibandungkan ngomong. Maka dari itu gue bikin blog ini sejak sekitar 2 oh ampir tiga taun yang lalu. Yah walaupun ga menghasilkan rupiah tapi seneng aja bisa nulis apa yang gue pikirin dan apa yang gue tau.

Tapi gue ga bernti disitu men. Sekarang salah satu obsesi gue, gue pingin nerbitin buku gan. Nah dari sekita setaun yang lalu gue mulai nulis - nulis naskah buku. Alhamdulillah dah 2 naskah beres di taun ini. Gue juga dah kirim ke penerbit naskah itu. Yah gue sih noting to lose aja kalo penerbit ga mau nerbitin.

Sebelumnya gue juga coba kirimin ertikel, cerpen, atau puisi ke majalah atau srat kabar. Tapi alhamdulillah ga da yang mau nerbitin tuh naskah. Buku juga gitu, naskah gue yang pertama "Ada makna di balik cerita" dah gue kirimin ke 2 penerbit. Tapi ga juga ada konfirmasi yang mau nerbitin. Akhirnya gue kirimin aja tuh naskah di penerbit indie yang ga bakal nolak naskah. Yah walaupun penjualan cuma lewat online dan ga bakalan tuh buku nampang di toko buku gapapa lah yang penting buat penulis pemula kaya gue terbit aja dulu.

Nah, naskah gue yang kedua kudu bisa nampang di toko buku. Soalnya yang satu ini gue tulis selama setaun. loh bayangin aja setaun gan gue tulis di tengah kesibukan gue sebagai karyawan yang sering lembur. Judul naskah yang kedua gue "Tangguh Perkasa". Sebuah novel inspiratif kaya gini nih kalo gue buat covernya



dear sdr. rival
naskah anda yang berjudul 'tangguh perkasa' telah masuk ke email kami. selanjutnya, kami akan mengadakan pembacaan terhadap naskah tersebut. dan, hasil evaluasi naskah akan kami kabarkan paling lambat satu bulan dari naskah masuk. trims.

abdul azis sukarno
redaksi


Naskah yang satu ini juga dah gue kirimin gitu kira kira kata redaksi. tapi dah sebulan belum ada konfirmasi. Tapi gue ga bakal bernti gan.

Rabu, 16 November 2011

XLangkah lebih maju dengan internet

Internet saat ini sudah sangat berkembang sekali. Hampir setiap orang sudah menjadi pengguna internet. Sebelum Facebook dan Twitter menjadi jaringan sosial yang paling digandrungi dahulu sempat ramai - ramainya MIRC dan Friendster. Tapi saat kedua jaringan sosial itu sedang berjaya justru saya belum menjadi pengguna internet.

Saya sendiri terbilang cukup telat melek teknologi internet. Saya mulai menjadi pengguna internet yaitu disaat akhir tahun 2008. Sebelumnya saya hampir tidak pernah memakai internet bahkan untuk sekedar browsing sekalipun. Jangankan jaringan sosial seperti Frienster yang kala itu lagi ramai - ramainya, akun email pun waktu itu saya sama sekali tidak punya.

Saat saya kuliah, tepatnya di semester 5, saya diajar mata kuliah pendidikan kewarganegaraan oleh salah seorang dosen yang cukup lucu, mungkin sedikit mirip dengan Ade Namnung hihihi. . . .. Tapi rupanya dosen tersebut hanya masuk di 2 atau 3 kali pertemuan awal. Sementara minggu berikutnya ia tidak masuk dan hanya menyuruh kita untuk mencari tugas di internet dan mengirimkannya ke emailnya. Minggu berikutnya pun seperti itu dan minggu berikutnya pun seperti itu. Awalnya saya hanya menitip ke teman karena saya tidak punya email dan tidak biasa memakai internet, tetapi karena setiap minggu kita diberi tugas seperti itu ya jadinya lama kelamaan saya mulai mencoba ke warnet tuk mencari materi yang dibutuhkan, tentunya dengan bantuan mbah google. Saat itu pun saya masih belum punya email sehingga materi yang di dapat itu juga dikirim melalui email teman. Terbayang bukan betapa gapteknya saya saat itu.

Dan di minggu berikutnya saya baru mencoba membuat email. Saya ikuti semua prosedur yang dibutuhkan untuk membuat email dan ternyata tak sesulit yang dibayangkan. Mulai minggu berikutnya dan seterusnya saya tak pernah lagi menitip tugas untuk dikirimkan ke dosen melalui emailnya.

Dan sembari mencari materi yang dibutuhkan saya mulai mencari - cari apa yang ingin saya cari di internet. Waktu itu saya sedang suka membaca artikel - artikel motifasi dan saya banyak menacarinya nya di internet di sela - sela sambil mencari materi tugas. Saat itu saya mulai menemukan blog - blog yang berisi artikel - artikel motifasi. Dari situ saya mulai tertarik untuk membuat blog.

Dan di bulan februari tauh 2009 saya mulai membuat blog. Walaupun koneksinya saat itu di warnet cukup agak lama ditambah lagi saya belum mengerti bagaimana membuat blog tapi saya tetap sabar mengikuti proses yang ada. Saat itu jadilah blog pertama saya yang beralamat di www.rivalardiles.blogspot.com. Di blog itu saya mulai menuliskan artikel - artikel yang ada di pikiran saya. Awalnya sih cuma iseng, tapi lama - kelamaan saya semakin mengenal dunia blog. Saya mulai sedikit - sedikit mengutak - ngatik tampilan blog.

Saya pun mulai membuat akun - akun jaringan sosial seperti Facebook, dan banyak jaringan sosial lainnya. Jaringan sosial ternyata mampu memberikan warna baru. Banyak teman - teman yang telah lama tak tau kabarnya bisa berkomunikasi kembali di jaringan tersebut. Itulah sisi positif dari jaringan sosial, yaitu mampu mempertahankan silaturahmi walau hanya lewat dunia maya.

Setelah saya membuat blog www.rivalardiles.blogspot.com saya membuat beberapa blog lainnya seperti www.catatanrical.multiply.com, www.mau-ebook.blogpsot.com, dan yang paling spesial buat saya adalah tentu www.banguninspirasi.com. Kenapa blog ini begitu istimewa buat saya, karena ini adalah satu - satunya blog yang tampilannya benar - benar mirip website. Dan namanya memakai domain sendiri dan berbayar. Dan ini adalah blog dengan tampilan terbaik yang pernah saya punya.

Dengan menulis di blog ada kepuasan tersendiri yang di dapat walaupun secara materi tak dapat apa - apa. Memang banyak para blogger yang bisa mendapatkan ribuan dolar dari internet. Tapi dengan menulis, menginspirasi, dan memberikan pengetahuan kepada pembaca ada kepuasan tersendiri yang di dapat. Apalagi ketika melihat visitor blog kita meningkat dari hari ke hari.

Setelah aktif menulis di blog rasanya ingin sekali menulis buku. Dan mulai taun kemarin saya menulis naskah buku. Ada 2 naskah yang telah saya selesaikan. Yang satu insya Allah hampir pasti terbit akhir taun ini.

Jika saya flashback ke belakang ke sekitar 3 tahun yang lalu dari awalnya saya tak mengerti apa - apa tentang internet, lalu mulai aktif di jaringan sosial dan blog hingga memiliki website dan terinspirasi untuk menulis buku, saya menyadari kalau internet turut membuat saya Xlangkah lebih maju.

Kamis, 25 Agustus 2011

sawer roti


Kejadiannya udah agak lama sekitar taun 2004. Waktu itu saya masih sekolah sepak bola di SSB Sindos di KPAD.

Suatu ketika di hari minggu, seusai latihan saya pulang berjalan kaki dari KPAD. Rasa letih seusai latihan pasti dirasakan. Tapi saya tetap berjalan kaki. Di depan tikungan antara KPAD dan gerlong kan jalannya agak nanjak sedikit, saat itu saya melihat ada motor yang ada lemari kayunya di belakang sedang melaju cukup kencang sedikit. Itu rupanya adalah motor tukang roti yang nampaknya hendak mengantar - ngantarkan rotinya ke berbagai warung dan toko. Tapi apa yang terjadi, nampaknya aku melihat sesuatu berjatuhan di jalan kala itu. Rupanya aku baru menyadari kalau itu adalah roti yang berjatuhan dari motor si tukang roti itu. Tukang roti itu tak menyadari akan apa yang terjadi. Ia terus melaju kencang lakasana peluru. Ingin sekali aku meneriakinya untuk memberitahukannya akan kejadian itu. Namun apa daya motor itu terlalu cepat melesat.
Kasian sekali tukang roti itu. Ia nampaknya lupa mengunci lemari kayu itu sehingga rotinya berjatuhan di jalan raya. Pasti tuch tukang roti dimarahin abis - abisan sama bosnya.

Tapi yang aneh adalah ketika roti berjatuhan di jalan raya, di belakang tukang roti itu sebenernya ada bapak - bapak sama ibu - ibu yang lagi naek motor berboncengan. Mereka bukannya ngasih tau tuch tukang roti kalo rotinya berjatuhan tapi malah nunggu tukang roti itu berlalu. Setelah itu bapak - bapak sama - ibu - ibu itu memunguti beberapa roti dan memasukkannya ke dalam tas. Hahah, dasar lucu sekali.

Rabu, 17 Agustus 2011

pengeroyokan

Angkot hijau terkadang menjadi misteri kemanakah ia tuju. Apakah akan ke pasar atas ataukah akan ke Padalarang. Hari itu ketika pulang kerja aku turun di dekat Cimahi mall. Tak seperti biasanya, nampak ada suasana yang sedikit berbeda. Di sekitar situ tak terlihat anak - anak punk yang biasa suka nongkrong dan ngamen disitu. Dan yang agak aneh adalah ketika saya melihat tukang ojek yang pada amngkal di aera situ. Semua tukang ojek itu mengarahkan pandangannya ke arah utara atau ke area jalan Gandawijaya. Aku tak tau apa yang mereka liat saat itu. Aku pun rada penawaran dan ikut melihat ke arah sana juga tapi tak begitu jelas terlihat ada apa disana.

Tak lama kemudian anak - anak punk berlarian berlarian dari arah gandawijaya ke arah selatan. Pastinya bukan lomba marathon dan aku tak tau kenapa mereka pada berlarian. Saat itu aku berpikir memang ada suatu kejadian saat itu.

Aku pun rada penasaran dan mulai berjalan ke arah Gandawijaya. Ternyata disana sudah berkumpul beberapa orang yang sedang melihat sesuatu. Rupanya ketika ku mendekat lagi disana ada seorang yang badannya agak gempal sedang tergeletak di pedestrian jalan di depan Cimahi Mall. Wajahnya sudah memar tak beraturan, dipelipisnya sobek, di belakang kepalanya pun berdarah. Kasian sekali orang itu. Nampaknya orang itu adalah korban pengeroyokan yang dilakukan anak - anak punk yang berlarian tadi. Orang itu dipukuli dengan sabuk dan rantai. Aku tak tau apa masalahnya, tapi yang kutau cara kekerasan tak akan pernah menyelesaikan masalah. Kekerasan justru akan mendaangkan masalah baru yang berkelanjutan.

Orang itu pun lantas dibawa pake motor mungkin untuk mendapatkan perawatan. Dan polisi baru datang di lokasi kejadian setelah para pelaku berhasil berlarian dari TKP.

Minggu, 14 Agustus 2011

Atom tak terdefinisikan


Tasik, Bekasi, Karawang, Sragen, Garut, Cirebon, Cimahi, dan tentu saja Bandung. Mungkin itu semua adalah nama – nama kota asal kita. Dan di sanalah akhir periode putih abu – abu. Dan dari sanalah kita melangkahkan kaki menelusuri perjalanan seperti anak sungai yang mengalir dan bermuara pada sebuah lautan. Air sungai mungkin tak tau kemana ia akan bermuara. Tapi tak bisa dipungkiri bahwa lautan itu adalah kampus yang berlambang polygon segi enam dengan warna merah bitu. 2 warna yang tak bisa disatukan dalam persepakbolaan Indonesia namun bersatu dalam sebuah lambang heksagonal seperti struktur senyawa benzena.

Konstruksi gedung, sebuah prodi yang pasing grade-nya paling kecil saat itu ternyata mengandung gaya grafitasi begitu kuat sehingga menarik tubuhku dengan medan magnet yang kuat. Padahal otak ini untuk mengorbitnya pun tak terpikirkan, apalagi harus tertarik oleh medan magnetnya.

Ketika dikumpulkan di pendopo dengan kepala nyaris tanpa rambut, ketika menuntup telinga begitu lama sampai membuat tangan tak kuasa menahan bebannya sendiri, Ketika senat tiba, dan saat janji – janji mahasiswa dikumandangkan, serta ketika himne polban menggetarkan sanubari. Ketika gebrakan, hentakan, dan bentakan dari gerombolan merah menyeruak ke seluruh sekitar pendopo.

Gedung A seolah menjadi saksi bisu saat emosi, canda, tawa, , semuanya menjadi satu ibarat bumbu – bumbu yang menyatu dalam makanan nikmat. Termasuk di dalamnya segala hinaan yang sebenarnya ibarat semen yang mengikat butiran – butiran agregat hingga menjadi beton yang kokoh.

GA merupakan senyawa yang tersiri dari 2 atom yaitu G dan A. Entah atom apakah itu nampaknya tak ada dalam tebel periodic. Mungkin atom ini belum terdefinisikan oleh ilmuan manapun baik itu Bohr, Rutherford, atau J.J Thompson.

METODE MENURUNKAN BERAT BADAN SECARA EFEKTIF

Pernahkah anda melihat mobil di jalan yang bertuliskan " turunkan berat badan hubungi XXX xxxxx. Apakah anda percaya keefektivannya?

MUngkin berbagai macam cara telah anda coba untuk menurunkan berat badan anda semaksimal mungkin, mulai dari berdiet, konsumsi obat - obatan, sampai ramuan tradisional, namun hasilnya tidak memuaskan.

Dan kami memperkenalkan suatu metode yang efektif menurunkan berat badan anda secara maksimal dalam waktu yang singkat.Dan percayakah anda metode tersebut sangat mudaah, yaitu hanya dengan menyentuh sebuah mobil, anda bisa menurunkan berat badan anda secara maksimal. Percayalah. .. .
JIka anda pernah melihat salah satu kuis di layar kaca, dimana yang memegang mobil paling lama ialah yang menang. Namun untuk mengurangi berat badan anda tidak perlu membuang waktu selama itu , anda hanya cukup menyentuh mobil satu kali saja anda sudah bisa menurunkan berat badan anda semaksimal yang anda inginkan.

Caranya begini, nanti dikumpulkan seluruh peserta, di depannya ada mobil yang jika disentuh berat badan anda akan berkurang .

Tapi mobil tersebut akan melaju dari bandung menuju surabaya, dan seluruh peserta harus mengejar mobil itu sampai tersentuh. Setelah sampe di surabaya saya yakin berat badan anda bisa berkurang.
Herey ah. . .pizzz

Minggu, 07 Agustus 2011

Secuil Cerita dari Ciwidey




Pasir nan putih,
Air yang hijau nan tenang,
Tebing yang berdiri kokoh di hadapannya,
Serta ranting – rannting pohon yang mati nan eksotis,
Indahnya sebuah pesona yang tebentuk akibat letusan gunung,
Entah berapa taun, atau ribu, atau juta taun yang lalu.
Yang pasti pemandangan ini begitu indah di pandang mata.
Walau bukan pantai yang bisa dipakai renang,
Tapi yang membuat semua ini lebih terasa indah adalah perjalanannya.
Yah, perjalanan tuk menuju kesini, ke kawah ini.
Biar aku ceritakan sedikit kawan mengenai hal ini.


Hari itu minggu 24 Juli 2011 tak seperti minggu biasanya. Biasanya selalu diliputi lelah sehingga memaksa tubuhku berkolaborasi dengan mataku tuk berbaring di balik selimut. Hari itu juga tak sama dengan hari biasanya. Hari itu aku jam 4 subuh dah ada di alam sadar seolah berhasil mengalahkan siluman mimpi. Kali ini mataku mau berkolaborasi dengan niatku. Tak seperti biasanya, walaupun jam 5 sudah masang alarm justru tanganku yang berkolaborasi dengan mataku. sadar gak sadar aku mematikan alarm tersebut dan mata menutup lagi seperti rolling door di toko - toko yang masih belum mau buka. Tapi hari ini tidak seperti itu walau tak memasang alarm.

Mungkin karena niat, hari itu kami berniat berolahraga pagi dengan berjalan pagi menelusuri perkebunan teh di ciwidey. Tak seperti hari biasanya yang harus berkutat di depan komputer dengan rutinitas yang sama. Waktu itu setelah sholat, makan dan memastikan seluruh perlengkapan terbawa, yang paling penting kamera, aku pun berangkat.

Aku tiba disana pukul 6 lebih. Rupanya belum banyak yang datang tapi satu per satu mulai datang. Para peserta pun berkumpul di depan kantor walau kendaraan tak sesuai planing semula, kita pun berangkat. Aku kebagean naek mobil minibus berwarna putih yang bertuliskan nama perusahaan tempat kami berkarya.

Mobil pun mulai melaju. Perlahan kantor kami yang nampak seperti warehouse itu pun mulai menjauh dan menghilang dari pandangan. Angin berhembus cukup kencang dari jendela mobil yang mengaga lebar. Jalan berkelok naik turun benar - benar mengocok perut. Tapi tetap saja bagi yang merasa ngantuk bisa melelapkan diri di mobil itu. Pagi itu jalanan cukup lancar dan kita pun tiba di ciwidey sekitar pukul 9 ditandai dengan tanaman – tanaman strowberi yang berbaris menyapa kami. Matahari yang sudah mulai panas tak menyurutkan semangat kami. Untungnya udara yang cukup segar menetralisir kalor yang ditimbulkan sinar matahari.

Diawali dengan pembagian perbekalan dan meeting, kami pun mulai melangkahkan kaki melewati portal pertama menuju hamparan kebun teh yang seperti selimut di atas gundukan tanah yang menjulang - julang. Tapi emang dasar nih orang - orang dengan kenarsisan tingkat tinggi, baru juga jalan beberapa meter udah jeprat - jepret masang wajah dan bergaya laksana poto modol. . .ups salah ketik poto model maksudnya. Jejak demi jejak pun terus kita buat seiring langkah kaki kita menelusuri perkebunan teh kala itu. tanjakan, turunan, belokan, tanah berbatu, rumput dan ilalang, tanah pasir, semuanya kita lalui. Bangunan terbuka dengan atap zincalum yang sudah berkarat dan dengan tiang - tiang pipa besi jadi persinggahan kita sementara pada perjalanan itu. Dari ketinggian ini ku bisa melihat rekan - rekan seolah mengecil laksana semut yang berbanjar mencari sumber makanan.




Semakin hari matahari semakin menunjukkan keperkasaannya. Kami yang saat itu terus berjalan walau sesekali berhenti terus disengat sinar matahari. Kebanyakan tak memakai topi ataupun apapun yang melindungi kulit karena kita mungkin lebih mementingkan tuk bergaya di depan kamera walaupun harus disengat sinar matahari yang cukup memabkar kulit. Emang kalo udah kena salah satu penyakit gila yang namanya narsis apapun udah nggak dipeduliin. Bahkan mungkin termasuk HP. . .hihi. Dari mulai senyum, manyun, berdiri seperti patung selamat datang, sampai melompat atau berambut jerami, semuanya dilakukan kalau sudah terkena penyakit narsis.

Penyakit narsis sendiri ada tingkatannya sama seperti tingkat stres yang juga ada tingkatannya. Penyakit narsis tingkat 1 atau tingkat yang paling tinggi biasanya orang yang mengalaminya selalu ingin dianggap paling hebat oleh orang lain di seluruh dunia. Contohnya adalah Fir’aun yang ingin dianggap sebagai tuhan dan Adolf Hitler yang dikenal sebagai pembunuh paling bengis di dunia ini. Penyakit narsis tingkat 2 atau setingkat dibawahnya biasanya orang yang mengalami ingin merasa dianggap, atau dipilih oleh orang - orang banyak. Orang ini akan mengerahkan segala cara agar keinginan itu terwujud. Di Indonesia banyak orang yang terkena penyakit narsis tingkat 2 ini, seperti para politikus yang memajang potonya disana – sini, menggunakan politik uang, dan mengumandangkan janji – janji palsu agar rakyat memilihnya. Nah penyakit narsis tingkat 3 mungkin yang dialami kebanyakan teman – temanku. Orang yang terkena penyakit narsis tingkat 3 biasanya lupa akan rasa malu, ditertawakan atau dianggap gila oleh orang lain pun tidak peduli, bahkan rela ninggalin HP demi menampakkan wujudnya di depan kamera.




Di tengah sorotan sinar matahari yang panas, aku pun mencoba tuk menggenggam mentari agar mereka tidak kepanasan.(ceritanya sih begitu). Ah enggak sih, cuma orang bodoh aja yang merasa bisa menyentuh matahari kecuali matahari supermarket. Tapi di ganasnya sinar mentari medan pun seolah berkolaborasi dengan mentari tuk melelahkan kami. Tanjakan yang cukup curam dan panjang harus kita lalui saat memotong jalur. Kelihatannya kemiringannya lebih miring dari kemiringan atap bangunan yang didesain anak - anak AE. Belum lagi tanaman dan lubang - lubang yang turut menyulitakn kami kala itu. Bukannya aku tak kuat, tapi bagaimana yang tenaganya telah terkuras termakan usia, bagaimana yang liveloadnya berat, bagaimana yang membawa anakanya, mungkin akan menyulitkan bagi mereka. Kalau bagiku sih medan seperti ini bukan masalah (kataku sedikit berkelit).

Tapi begitu sampai diatasnya aku pun terhenyak dan terdiam melihat pemandangan alam nan elok di bawah sana. Hamparan perkebunan teh yang menyelimuti pegunungan, birunya langit nan cerah, segarnya hembusan udara di tengah teriknya mentari tak ayal membuatku terpukau memandanginya sambil duduk di sebuah batu besar.




Dari ketinggian ini rasanya aku ingin melombat dan mencoba terbang bebas laksana elang di langit biru. Namun aku tak ingin segila itu, aku tak ingin segila beberapa orang yang melompat dari ketinggian mencoba terbang tanpa perhitungan yang pasti saat pesawat terbang belum ditemukan oleh Wright bersaudara. Rasanya dengan berteriak menerbangkan gelombang - gelombang suaraku hingga lapisan stratospher menyeruak ke angkasa melewati molekul - molekul udara, dan menggetarkan dedeaunan sudah cukup bagiku. Mungkin itu bisa mengurangi sedikit kepenatan atau mencairkan pikiran bawah sadar yang seringkali membeku. Tapi aku terlalu waras untuk melakukan hal itu, yah. ..terlalu waras. Kadang aku ingin sedikit gila , yah. . .sedikit saja tak perlu banyak - banyak. Ups bukan, maksudku "sedikit gila" pake tanda kutip.
Beberapa dari yg lain melanjutkan perjalanan kembali, sedangkan aku masih terpaku disini mengumpulkan kembali energi yang menguap entah kemana atau mungkin terkondensasi menjadi gumpalan awan cumullus.

Selang berapa lama kemudian aku dan beberapa kelompok melanjutkan perjalanan kembali, mencetak jejak - jejak langkah di atas jalan yang berliku dan berdebu. Hamparan kebun teh terus kita lalui walau mentari semakin tinggi di atas kita dan menjatuhi panas sinarnya. Di suatu saat kami pun memasuki area perhutanan. Dengan membawa tongkat sebagai penuntun laksana seorang pendekar kita terus berjalan walau rasanya kaki ini ingin memberontak.

Saat menembus hutan belantara nampaknya penyakit narsis mulai sedikit luntur seiring dengan rasa letih yang semakin sangat.
"Di balik hutan ini kawahnya." Kata salah seorang.
Namun ternyata setelah melewati hutan itu kita harus menghadapi anak tangga yang cukup banyak untuk menaiki puncak bukit lagi. Ingin sekali rasanya mengganti sendi lutut kakiku menjadi tumpuan jepit yang kuat akan gaya momen, ingin sekali rasanya mengganti otot - otot betisku dengan tenaga hidrolik seperti laksana escavator yang selalu kuat tuk menggusur rumah - rumah kumuh. Oh. . .anak tangga demi anak tangga yang banyak sekali. Seandainya saja ini adalah eskalator yang jika kita berdiri saja kita sudah bisa sampai ke atas. Namun jangankan eskalator, railing untuk kita berpegangan saja tak ada, bordes untuk kita sejenak mengatur ritme pun tak ada. Tapi kami terus melangkah.

"Kawah putih di balik gunung ini." ujar Pa Buyung.
Aku sih sebenernya gak teralu percaya. Tapi nampaknya beliau sudah mengetahui seluk beluk gunung di ciwidey secara dia mungkin juru kunci gunung ini terlihat dari penampilannya dan dibelakangnya ada makhluk yang mengikutinya. . .heheh becanda dikit . tapi nampaknya kami tak jua menemukan tanda - tanda keberadaan kawah itu. Bagi kami saat itu kawah yang bau belerang dan berasap serta airnya tak bisa diminum ibarat oase di gurun pasir yang diharapkan para pengelana di padang pasir. Namun kawah itu laksana fatamorgana yang tak jua menampakkan diri kecuali di dalam harapan.




Akhirnya kami pun beristirahat kembali di samping jalanan berbatu di atas semak belukar. Beberapa diantara rekan - rekan semua pada makan makanan yang dibagikan saat mulai perjalanan. Mereka makana makanan yang berbungkus daun itu dengan lahap karna rasa letih yang mengakibatkan lapar. Sedangkan aku hanya duduk - duduk saja tanpa menyantap makanan yang ku bawa. Nasi bakar yang berbungkus daun pisang masih kutenteng - tenteng tak kubuka. Yang baru ku makan hanya lontongnya yg beranjau saja. Bukan aku tak merasa lapar. Perutku sebenarnya sudah keroncongan sedari tadi. Tapi sedari awal makanan ini dibagikan aku sudah mencium bau makhluk perairan di bungkusan daun pisang itu. Dan rupanya benar, ternyata penciumanku tajam juga, cocok kalo kerja dikepolisian. Dalam bungkusan itu ternyata nasi bakar yang bertaburan ikan teri. Iyakkkk. . . . .aku tak suka makanan yang berasal dari makhluk yang berasal dari ekosistem perairan. Tapi aku tak terlalu merasa lapar yang teramat sangat juga sich saat itu.

Kami pun melanjutkan perjalanan kembali. Mendaki gunung melewati lembah bak ninja Hatori. Gunung, lembah, gunung. . .gunung membuat kaki kita semakin pegal dan badan kita semakin letih. Ingin sekali rasanya meratakan elevasi pegunungan di area ciwidey kala itu. Tapi bagaimana caranya aku mengcut and fill lahan seluas ini. Harus berapa alat berat yang ku kerahkan. Dan dari mana dana yang harus ku keluarkan. Segera saja ku hapuskan ide gilaku itu dari benakku. Yang bisa kulakukan hanyalah terus berjalan sampai menemukan kawah nan eksotik itu. Setiap kali aku ingin menghentikan langkahku segeralah teringat cerita di buku Think and Grow Rich karya Napoleon Hill tentang seorang yang gagal menemukan emas setelah sekian lama menggali karena di suatu titik ia merasa putus asa. Padahal emas itu tinggal 3 kaki lagi dari kedalaman yang ia telah gali. Perjalanan ini juga tak seberat perjalanan anak – anak laskar pelangi dalam menempuh pendidikan. Perjalanan ini juga tak seberat pendidikan untuk menjadi seorang praja. Perjalanan ini juga tak seberat perjalanan hijrah Nabi Muhammad dari Mekah ke Madinah. Perjalanan ini juga tak seberat perjalanan Columbus mengelilingi dunia tuk membuktikan teoremanya bahwa bumi ini bulat. Perjalaanan ini juga tak seberat perjalanan ikan salmon yang harus berenang melawan derasnya arus sungai dan menantang maut menghadapi beruang yang kelaparan.

Menurut seorang bapak disana kawah putih tinggal setengah jam perjalanan lagi jika berjalan kaki. Yah, itu pun kalau tidak banyak bernti dan poto - poto. Kali ini aku sempat terpisah dari beberapa rombongan. Rombongan yang ada di depan nampaknya sudah melesat dan menghilang dari pandanganku, sementara rombongan di belakangku pun masih terleha - leha di belakang. Aku pun sempat terhenti sejenak dari langkahku tuk menunggu rombongan di belakang sambil bersandar pada batang pohon kering nan eksotik. Tapi nampaknya rombongan di belakang tak jua muncul. Lantas aku langsung bergegas tancap gas melanjutkan perjalanan menyusul rombongan yang ada di depan. Karena jika tersasar disini bisa gaswat pasalnya tak ada satu sinyal pun yang terdeteksi.

Di satu tikungan aku melihat sebuah lahan berpasir yang nampaknya bekas sisa - sisa gunung meletus. Tapi tentu saja tak ada lean concrete di atas lapisan pasir itu. Lahan itu ditutupi portal dan kami pun melewati portal itu. Mungkinkah ini pertanda kawah itu kian dekat. Aku tak tau tapi yang pasti dihadapan kami masih ada hutan yang harus kita lalui. Atau mungkin kawah itu hanyalah fatamorgana yang hanya ada di pikiran kita. Hutan yang lebat ini masih ku telusuri di tengah rasa letih yang datang menerpa. Kali ini memang nampaknya sudah dekat. Kenapa saya tau?? Karena saat tulisan ini dibuat tentu peristiwanya sudah teralmpaui. . heheheh. . . .

Dan diujung hutan rindang itu yang dipenuhi pepohonan itu teman - teman yang lebih dahulu berjalan di depanku tadi tengah duduk - duduk istirahat. Ada yang merebahkan kaki, ada yang tiduran pula, ada pula yang menikmati makan siang kala itu. Di belakangnya di balik pepohonan nampak asap - asap tipis mengepul diiringi dengan pemandangan tebing yang terlihat dari balik peponan itu. Mungkin itukah kawah itu. . .yah. . .itukah kawah itu. Yah ternyata katanya kita telah sampai pada finish perjalanan panjang nan melelahkan ini. Disini kami semua beristirahat sejenak sembari menunggu rombongan yang belum sampai. Satu per satu peserta tiba di lokasi. Tapi nampaknya ada satu rombongan lagi yang belum tiba disana. Dimanakah mereka???? tanya dimana???.

Selang berapa lama kemudian ada sebuah mobil bak terbuka suzuki carry berwarna hitam. Aku pikir itu mobil yang membawa hasil panen ke pasar untuk dijual, tapi kan ini sudah siang menjelang sore, berarti nggak mungkin. Atau mungkin mobil itu mengangkut domba - domba yang akan dikurbankan. Tapi kan idul adha masih lama berarti bukan. Aku pun mendekati lagi mobil yang berhenti di hadapan kami itu. Dan ternyata aku melihat orang - orang yang turun berhamburan dari mobil bak terbuka berwarna hitam itu. Nampaknya aku mengenal mereka. . . . . .

Dan ternyata benar nampaknya mereka tak asing lagi rupanya merekalah rombongan yang terakhir datang kala itu. “Curaaaaaa. . . .. ng" kataku dalam hati.
Yang lain jalan sampai titik terakhir mereka tiba pakai mobil.
"ih deket kirain teh masih jauh." ujar mereka kala itu atau mungkin hanya berkelit.
Tak lama setelah semuanya tiba disitu dan semuanya selesai istirahat sejenak di tempat itu, kami pun bergegas menuju kawah yang telah lama kami nanti itu. Kami pun melewati jalan yang ditutup palang kayu. Berfoto sebentar disitu lalu berjalan kembali. Asap - asap tipis yang membungbung mulai terlihat lebih jelas. Tebing yang berdiri kokoh di seberang sana nampaknya mulai juga terlihat jelas. Dan kita pun berkumpul di sebuah area dekat kawah itu, berpoto bersama di atas paving blok. Seluruh kamera dikumpulkan dan Pa Asep kala itu yang memoto skuad tim MAU kala itu sampai beberapa kali dengan lokasi dan gaya yang hampir sama.




Setelah itu kami langsung mendekati kawah itu. Waktu kami dibatasi hanya sejam saja menikmati keindahan kawah nan eksotis itu. Kami pun menuruni anak tangga demi anak tangga yang terbuat dari batu laksana sedang berada di Beijing. Dari situ pun nampak keindahan kawah putih yang sedikit berwarna hijau muda, dibelakangnya berdiri kokoh sebuah tebing besar. Di sisi - sisi kawah tentu saja pasir yang berwarna putih laksana di pantai. Namun tentu saja disitu tak bisa dipakai renang, bukan karena saya tak bisa renang. Tapi itu kawah bung bukan laut. Dari tempat itu muncul bau yang cukup nggak enak enggak tau unsur kimianya H2S atau H2SO4 tapi yang pasti ini baunya mengandung sulfur atau dengan nama lain disebut belerang. Enggak tau juga tuch sulfur berikatan kovalen dengan atom apa.



Tapi apapun baunya toh kita menikmatinya seperti menikmati kentut sendiri. Ini adalah klimaks dari sebuah perjalanan panjang nan melelahkan. Naluri narsis yang sempat hilang karena kelelahan di tempat ini kembali muncul lagi seperti sebuah HP yang baterenya baru di charge, seperti bu, nga yang bermekaran saat musim semi setelah melewati musim kemarau. Ternyata ini bukanlah fatamorgana, bukanlah sesuatu yang hanya ada dalam pikiran kita saat kita kelelahan mendaki gunung yang tak kunjung menemukan tempat ini. Ini nyata Walau kita semua tak bisa berenang disitu tuk mengusik lelah yang ada kala itu. Tetapi yang kami rasakan seperti Colombus yang baru menemukan benua amerika setelah keliling dunia, seperti Edison yang baru menemukan bohlam lampu setelah ribuan kali percobaan. Seperti Abraham Lincoln yang berhasil menjadi presiden Amerika setelahmelewati sejumlah kegagalan dalam hidupnya. Atau mungkin itu terlalu berlebihan.




Inilah sebuah makna yang kami dapat, yang membuat hasil terasa berharga adalah perjuangan. Ya, perjuangan adalah proses yang akan kita rasakan betapa berharganya sesuatu yang kita temukan setelah kita melaluinya. Pada awalnya tak ada yang menyangka rutenya akan seberat ini. Namun setelah kita lalui langkah demi langkah akhirnya kita bisa sampai juga di lokasi akhir. Dalam hidup ini pun laksana sebuah perjalanan panjang yang tak selalu lurus, yang banyak tanjakan dan turunan, yang tak selalu mulus bahkan lebih sering berbatu dan terjal. Tapi ketika kita sampai pada satu titik tujuan kita akan merasakan betapa indahnya jalan hidup yang telah kita lalui itu.

Sabtu, 30 Juli 2011

Drakula bersodara berlomba

Diceritakan ada sekeluarga drakula. 3 bersaudara sedang berlomba, siapa yang berhasil ngisep darah paling banyak dia yang menang.
kakak pertama yg beraksi duluan. set. . . . ia melesat terbang dengan jubah hitamnya. Beberapa waktu kemudian ia balik lagi. di giginya sudah terlihat darah.
"wah, gimana kakak? tanya adiknya.
"hahahah, kakak berhasil menghisap darah 1 keluarga." jawab sang kakak.
Kemudian giliran kakak kedua yang pergi. Set. .. .ia terbang melesat lebih cepat dari kakaknya.
Beberapa waktu kemudian ia kembali. Darah yang ada di mulutnya lebih banyak dari kakak pertama. Dibibirnya sampai ke leher ada darah.
"Wah kakak, darahnya banyak sekali. pasti kakak ngisep darah orang lebih banyak lagi kan?" tanya si bungsu.
"Hahahah, aku berhasil ngisep darah satu kelurahan." jawabnya.
"Wah kamu hebat sekali adik." kata si sulung.
Sekarang giliran si bungsu yang beraksi. Set. . . . ternyata ia mampu terbang melewat lebih cepat dari pada kedua kakaknya.
Tak lama kemudian ia kembali. Dan ternyata darah yang ada di bibirnya jauh lebih banyak dari kedua kakak - kakaknya. Darah itu sampai ke hidung, leher dan menetes - netes.
"Wah ade kamu hebat, pasti kamu bisa ngisep darah orang lebih banyak lagi kan?" tanya si sulung.
"Ia kamu hebat de." kata si kakak kedua juga memuji.
Mendegnar pertanyaan dan pujian dari kedua kakak - kakaknya itu, si bungsu malah nangis.
"Kenapa de kamu kok malah nangis?" tanya si sulung.
"hhhh. . . .kakak jahat. Ade tuh kaya gini bukan abis ngisep darah orang tau."
"Terus kenapa de itu kan darahnya banyak gitu?"
"Tadi waktu ade terbang, ade nabrak tiang listrik."

Minggu, 24 April 2011

Fakta Unik Sepak Bola

Sepak bola merupakan olahraga terpopuler hingga saat ini. Selalu ada sisi unik di balik sepakbola. Berikut ini merupakan beberapa sisi unik dari sepakbola :

> Penjaga gawang yang mencetak gol terbanyak

Penjaga gawang yang mencetak gol terbanyak adalah Rogerio Ceni. Kiper yang masih bermain di SaO Paolo, Brasil ini telah mencetak 100 gol sepanjang karirnya dan masih mungkin bertambah lagi. Kebanyakan golnya diciptakannya melalui tendangan bola mati. Kiper yang sati ini memang ahli dalam mengeksekusi bola mati. Ia mengalahkan Chilavert yang telah mencetak 62 gol.

> Gol Tercepat
Gol tercepat dicetak hanya dalam waktu 2,8 detik. Gol itu dicetak oleh Nawaf Al Abed pemain depan dari klub Al Hilal Arab Saudi. Kejadian itu berlangsung pada turnamen U-21 Piala Raja Faisal bin Fahad, November 2009 lalu. Saat itu klub Al Hilal menang 4-0 atas lawannya. Begitu wasit meniup pluit, temannya memberi bola dengan sentuhan lalu ia tendang langsung dengan kaki kiri. Tendangannya tak mampu dijangkau kiper klub Al Shoalah yang berdiri agak keluar dari gawangnya.

> Nama tim terpanjang

Nama tim tepanjang adalah tim di liga Thailand nama timnya adalah "Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit Bravo Association Football Club."


> Pemain tertinggi

Pemain tertinggi di dunia yang masih aktif dan tercatat dalam sejarah adalah Kristof van Hout dengan tinggi 2,08 meter. Pemain kelahiran 1987 ini berposisi sebagai kiper untuk klub Belgia, KV Kortrijk.








> Gol terbanyak dalam 1 pertandingan
Gol terbanyak dalam satu pertandingan masih di pegang salah satu tim di liga madagaskar. Bayangkan saja skornya 149-0 yaitu saat AS Adema mengalahkan lawan mereka Stade Olympique I'Emyrne di liga madagaskar.Waktu pertandingan yang 90 menit bisa dibayangkan berapa gol dalam 1 menit jika hasilnya seperti itu. Tapi jangan salah sangka, rupanya gol sebanyak itu dicetak oleh pemain mereka sendiri alias gol bunuh diri. Hal itu terjadi karena para pemain Olympique melakukan protes saat pelatih mereka bertengkar dengan wasit.

> Gagal penalti terbanyak

Gagal penalti terbanyak ternyata dipegang oleh striker Argentina Martin Palermo. Saat itu Palermo gagal mengeksekusi 3 penalti yang dihadiahkan wasit ketika pertangingan Argentina melawan KOlombia dalam Copa Amerika tahun 1999.

Minggu, 17 April 2011

Jarak Bintang Yang Menakjubkan


Saat kita keluar di malam hari dan menatap indahnya bintang di langit mungkiin kita tak pernah menyadari kalau bintang yang kita lihat bukanlah bintang yang sekarang.

Logikanya begini, Bintang yang terdekat selain matahari adalah Alfa Centauri. Bintang ini memiliki jarak 4,2 sampai 4,4 tahun cahaya. Artinya cahaya bintang ini untuk sampai ke kornea mata kita membutuhkan waktu 4 tahun lebih. Sebagaimana kita ketahui mata kita bisa melihat kalau ada cahaya yang masuk ke mata kita melalui suatu objek. Jadi bintang Alfa Centauri yang kita lihat adalah bintang 4 tahun yang lalu. Lalu bagaimana bintang yang lain yang jaraknya lebih jauh lagi. Mungkin bintang yang kita lihat adalah bintang puluhan sampai ratusan juta tahun yang lalu.

Bayangkan betapa jauhnya bintang itu. Kecepatan cahaya adalah 300.000 KM/menit. Dengan kecepan cahaya saja cahaya bintang itu harus memakan waktu sampai beberapa tahun untuk sampai ke bumi. Jarak bintang yang sangat jauh, padahal dalam galaksi Bima Sakti ini ada milyaran bintang. Dan di alam semesta diperkirakan ada milyaran galaksi. Jadi tak terhitung berapa jumlah bintang di alam semeta dengan jarak yang begitu jauh.

Kamis, 31 Maret 2011

Pantaskah Pemerintah Bangun Gedung DPR Baru


Jika kita pernah liat iklan "orang bijak bayar pajak". Yang menjadi pertanyaan justru adalah apakah yang menerima pajak benar - benar bijak mengelolanya???

Belakangan ini pemerintah berencana membangun gedung DPR baru untuk memfasilitasi para anggota DPR. Bayangkan saja berapa biaya pembangunan gedung itu hampir 1,2 triliun rupiah. Dari manakah uang itu kalau bukan dari rakyat. Nah sekarang layak atau tidak DPR membangun gedung baru disaat rakyat banyak yang tidak memiliki tempat tinggal, sekolah - sekolah yang nyaris roboh dan infrastruktur yang masih banyak yang harus diperbaiki.

Nah bayangin aja betapa mewahnya gedung itu, harga per m2 nya 8 juta rupiah. jika 4 juta rupiah saja itu sudah mewah, apalagi 8 juta rupiah tentu bisa dikatakan super mewah. Lalu apa yang membuat DPR merasa perlu untuk membangun gedung ini. Di saat rapat saja tidak semua hadir dan diantara yang hadir pun ada yang tidur, dan ada yang tidak fokus pada rapat yang dijalankan.

Padahal jika uang 1 triliun lebih ini bisa dikonversikan untuk membangun 10000 rumah sederhana untuk rakyat, atau memperbaiki sekolah yang hampir roboh, Atau untuk membangun fasilitas umum lainnya.

Sekarang coba lihat gambar di bawah ini yang sebenarnya lebih perlu untuk diperbaiki dibandingkan gedung DPR yang telah ada sekarang.


Sabtu, 26 Maret 2011

PESAWAT TERMAHAL DI DUNIA



Pesawat termahal di dunia adalah pesawat siluman milik angkatan bersenjata Amerika Serikat. Biaya untuk membuat satu unit pesawat ini mencapai 20 triliun rupiah. Waaaaw kalo diitung - itung tuh bisa ngebangun berapa rumah sederhana.

Tampaknya emang layak sih kalau biaya pembuatan pesawat ini sampai begitu mahalnya. Pasalnya pesawat ini memang dibuat untuk mengelabuhi radar sehingga sulit dideteksi oleh radar. Pesawat ini mempu menghindari pendeteksian secara visual, audio, sensor panas, maupun gelombang radio. Pesawat ini didesain untuk terbang setenang mungkin tidak seperti pesawat tempur lainnya yang begitu bising.

Ada radar yang mendeteksi berdasarkan sensor panas. Biasanya pesawat menghasilkan panas di bagian belakangnya terutama pesawat jet. Tapi pesawat ini memiliki sistem yang sangat baik untuk meminimalisir panas yang dikeluarkan. Caranya adalah dengan mengalirkan udara dingin sebelum panas tersebut keluar dari pembuangan.

Radar yang memanfaatkan sensor gelombang pun dibuat tak berkutik. Cara kerja radar ini adalah memancarkan gelombang radio ke udara, ketika ada materi di udara maka gelombang tersebut akan dipantulkan kembali ke pemancar dan bisa diketahui jarak, ukuran, bahkan kecepatan objek yang terkena gelombang tersebut. Tapi bentuk pesawat ini didesain sedemikian rupa untuk memantulkan gelombang radio yang dipancarkan ke segala arah. Sehingga gelombang yang diterima kembali oleh pemancar sangat minim.

Jika dilihat pesawat ini sepertinya bukan pesawat tempur karena tidak terlihat persenjataan yang melekat di pesawat ini. Namun pesawat ini merupakan pesawat yang mampu menjatuhkan bom ke daratan dengan kapasitas yang cukup banyak.

Minggu, 20 Maret 2011

Fenomena dan Fakta Bulan

Kemarin kabarnya sedang terjadi supermoon atau fenomena dimana jarak bulan terhadap bumi sedang berada pada titik terdekat sehingga terlihat lebih besar. Bulan tampak 7% lebih besar dari biasanya.titik terdekat bumi dengan bulan dikenal dengan perigee sedangkan titik terjauhnya disebut apogee.


Namun walaupun begitu fakta yang mencengangkan ternyata bulan semakin lama semakin jauh dari bumi. Neil Armstrong manusia pertama yang menginjakkan kakinya di bulan meninggalkan jejak panel reflektor yang terdiri atas 100 cermin beberapa menit sebelum dia meninggalkan bulan pada 21 Juli 1969. Dari panel reflektor cermin tersebut bisa dipantau jarak bumi terhadap bulan setiap saat dengan menembakkan laser. Dan ternyata jarak bumi terhadap bulan semakin jauh sekitar 3.8 cm setiap tahunnya.

Para ilmuan percaya bahwa miliaran tahun yang lalu bulan pernah bertabrakan dengan bumi.Dan itu yang menyebabkan bumi berotasi dengan kemiringan 23,5 derajat dan saat itu jarak bumi terhadap bulan sangat dekat sekali. Dan semakin lama semakin jauh. Jika hal itu benar tentu akan tiba masanya dimana manusia tidak bisa lagi melihat bulan karena saking jauhnya. Tapi jika bulan begitu jauh dari bumi tentu keseimbangan bumi sendiri akan terancam karena pasang surut air laut dipengaruhi juga oleh bulan.

Bulan ternyata memang memiliki misteri dan keunikannya. Apa kalian tau ternyata bulan yang kita liat selalu menunjukkan sisi yang sama. Hal ini dikarenakan rotasi bulan dan revolusi bulan terhadap bumi memiliki kecepatan yang sama.

Dan fakta yang menariknya juga ternyata dahulu pernah terbelah. Itu terjadi ketika jaman Rasulullah Nabi Muhammad SAW. Ketika itu Nabi Muhammad ditantang oleh orang - orang musrik. Mereka berkata "Wahai Muhammad, kalau engkau benar Nabi dan Rasul, coba tunjukkan kepada kami satu kehebatan yang bisa membuktikan kenabian dan kerasulanmu (mengejek dan mengolok-olok)?" Rasulullah bertanya, "Apa yang kalian inginkan ? Mereka menjawab: Coba belah bulan, .."

Maka Rasulullah pun berdiri dan terdiam, lalu berdoa kepada Allah agar menolongnya. Maka Allah memberitahu Muhammad agar mengarahkan telunjuknya ke bulan. Maka Rasulullah pun mengarahkan telunjuknya ke bulan, dan terbelahlah bulan pada saat itu.


Saat ini pun di bulan terlihat ada cekungan yang memanjang terbentang seperti terlihat bahwa bulan memang pernah terbelah. Tapi apa itu memang bekas terbelahnya bulan? saya pun tidak tau. Tapi yang pasti bulan memang pernah terbelah seperti yang tercantum di Al-Qur'an "Sungguh telah dekat hari qiamat, dan bulan pun telah terbelah (Q.S. Al-Qamar: 1)"

Jembatan Tertinggi di Dunia ("di atas awan")

Jika kita membicarakan tentang jembatan yang lebih dibandingkan mungkin adalah seberapa panjang jembatan itu. Jembatan terpanjang di dunia dengan panjang 38.42 KM adalah jembatan Lake pontchartrain, di Lousiana New Orleans, Amerika Serikat.



Jika Indonesia jadi membangun jembatan Selat Sunda yang menghubungkan pulau Jawa dan Sumatra maka panjangnya kurang lebih akan sepanjang 24 KM dan mungkin ada di urutan lima besar jembatan terpanjang di dunia. Tapi itu kan masih renana.

Nah ternyata ada jembatan di atas awan. Jadi mobil yang berjalan di atas jembatan itu akan berjalan di atas awan. Ya, itu adalah jembatan tertinggi saat ini dengan tinggi 342 M yang terletak di Prancis yaitu Millau Bridge.


Jembatan ini terbuat dari beton dengan sokongan kekutan juga menggunakan cable stayed yang menggantungkan jembatan tersebut. Kolom jembatan ini tentu harus kuat karena memiliki tinggi hingga ratusan meter tentu harus tahan terhadap kekuatan tekuk.

Dengan adanya jembatan ini Prancis menambah satu lagi bangunan yang menjadi sorotan dunia setelah menara eiffel.





Senin, 14 Maret 2011

Tsunami

Tsunami dulu merupakan kata – kata yang agak asing. Tapi semenjak kejadian 26 desember 2004 tsunami menjadi kata – kata yang akrab di telinga kita. Saat itu puluhan ribu orang tewas akibat bencana yang maha dahsyat itu. Kebanyakan korban adalah di Aceh. Tsunami saat itu juga menyapu beberapa negara seperti Thailand, Malaysia, India, dan beberapa negara lainnnya.



Dan baru – baru ini tsunami kembali melanda dunia. Kali ini Jepang yang memang merupakan daerah yang rawan gempa. Tsunami hebat itu telah meluluh lantahkan kota Sendai dan Miagi. Diperkirakan ribuan orang tewas. Tsunami telah menyapu mobil – mobil, bahkan rumah – rumah yang biasanya melekat dengan pondasi yang tertanam di tanah mampu di bawa oleh aliran deras tsunami.



Yang cukup menghawatirkan juga adalah terjadinya kebocoran reaktor nuklir di negara tersebut. Dihawatirkan warga terkena radiasi akibat meledaknya reaktor nuklir tersebut akibat terjadinya gempa. Seluruh warga pun terpaksa diungsikan akibat peristiwa itu. Peristiwa kebocoran reaktor nuklir pun pernah dialami Rusia sekitar tahun 80-an. Saat ini kota tempat meledaknya reaktor nuklir tersebut menjadi kota mati yang tak berpenghuni karena ditinggalkan penduduknya akibat radiasi yang menyebar di kota tersebut.

Gempa dan tsunami memang merupakan bencana alam yang sangat sulit dihindari atau mungkin tidak bisa dihindari. Alat pendeteksi tsunami memang sudah ada, namun alat untuk mendeteksi kapan akan terjadinya gempa belum ada hingga saat ini.

Tsunami sendiri muncul bukan hanya akibat adanya gempa. Tapi juga bisa diakibatkan letusan gunung berapi di bawah laut. Tapi yang lebih sering diakibatkan oleh gempa bumi. Gempa yang bisa menyebabkan tsunami adalah gempa berskala besar. Biasanya gejala – gejala bakal munculnya tsunami adalah menyurutnya air laut. Hal itu lah yang terjadi pada pantai di Aceh tahun 2004 lalu dimana ketika air laut surut para nelayan justru malah mendekati pantai untuk mengambil ikan yang mudah dijumpai karena surutnya air laut. Mereka memang tidak menyadari akan bencana besar yang mungkin datang sehingga banyak korban berjatuhan.

Sabtu, 12 Maret 2011

Gara - Gara Bahasa Indonesia

Kalo diinget - inget waktu SD pelajaran bahasa Indonesia sua ada soal tentang menentukan SPOK (subjek, predikat, konsonan) dari suatu kalimat. Ada suatu kejadian nyata dimana ada seorang anak yang sebenarnya bahasa Indonesianya lancar sekali. Tapi ketika ada ujian yang diadakan si guru ternyata anak tersebut diberi nilai nol atau tidak ada jawaban dia yang benar sama sekali.

Anak itu rupanya tidak bisa menjawab satu pun pertanyaan soal bahasa Indonesia tentang menentukan subjek, predikat, objek, dan keterangan dari suatu kalimat. Anak itu pun depresi dan mengalami tekanan batin di dalam dirinya. Akhirnya seorang anak yang masih polos itu mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri.

Ironis memang, seorang anak yang kesehariannnya berbahasa Indonesia dengan lancar harus bunuh diri akibat tidak bisa menjawab soal bahasa Indonesia. Yang lebih ironis lagi sebelum ia bunuh diri ternyata ia sempat menulis surat juga dengan bahasa Indonesia. Lalu apakah arti sebuah nilai?
Mengapa sebuah nilai hanya ditujukan untuk teori, bukankah praktek jauh lebih penting dari sekedar teori.

Minggu, 27 Februari 2011

Adilkah hukum di negeri ini ????????????

Kadangkala kita bertanya tentang hukum yang ada di negeri ini. Masih bisakah hukum di negeri ini disebut adil.

Saya memang orang yang tidak terlalu mengerti dunia hukum. Tapi saya rasa setiap orang memahami hal yang terjadi. Disaat ini uang memegang peranan penting dalam dunia hukum. Undang – undang pun serasa tak memihak pada rakyat kecil.

Mungkin kita sering melihat berita tentang koruptor yang hanya dihukum sebentar saja lalu bebas. Bahkan ada pula yang tidak dihukum sama sekali. Ada pula yang tetap bisa jalan – jalan walau sedang masa tahanan. Di sisi lain kita juga sering melihat berita tentang orang yang hanya mencuri coklat, ubi, atau singkong. Tapi justru mendapat hukuman dipenjara.

Terakhir yang cukup miris adalah seorang nenek – nenek yang difonis 2 bulan penjara hanya gara – gara mencuri 3 buah jagung. Yang lebih miris adalah yang melaporkannya adalah anaknya sendiri. Ya, nenek itu mencuri jagung yang ditanam oleh anaknya sendiri. Karena kebutuhan nenek itu mengambil jagung tersebut. Dan ia harus menerima kenyataan pahit karena dihukum 2 bulan penjara akibat perbuatannya yang sebenarnya sepele dan tak perlu melalui jalur hukum. Yang lebih menyesakkan lagi ternyata lahan tempat anaknya menanam jagung tersebut adalah lahan milik si nenek itu. Lalu bagaimana seorang anak bisa melakukan hal semacam itu. Dan bagaimana pula seorang hakim bisa memfonis hukuman pada si nenek itu.

Memang banyak hal yang tak dimengerti. Hakim mungkin memang menjalankan tugasnya berdasarkan undang – undang yang berlaku. Tapi bukankah hakim memiliki hati dan pikiran untuk menentukan keputusannya. Dan sudah saatnya undang - undang peninggalan Belanda yang diBelanda pun sudah tidak dipakai lagi harus direvolusi untuk menghasilkan produk hukum yang adil

Kamis, 17 Februari 2011

Wahana paling ekstrim di Dufan

Salah satu kawasan wisata yang paling banyak dikunjungi di Indonesia adalah kawasan wisata di Ancol. Dan objek wisatanya yang paling populer tentu saja Dunia Fantasi. Disini pengunjung bisa menikmati wahana bermain yang luar biasa, mulai dari wahana yang nyaman sampai wahana yang menyiksa batin wkwkwk. . .
Berikut ini adalah beberapa wahana mulai dari yang cukup bahaya sampai yang paling berbahaya di Dunia Fantasi :

> Tornado


Tornado menurut saya merupakan wahana yang tingkat ekstrimnya masih biasa - biasa saja. Memang pengunjung yang naik wahana ini diputar - putar berkali - kali. Namun tetap saja dengan posisi duduk yang nyaman dan dilengkapi peralatan pengaman yang kuat membuat wahana ini bisa dikategorikan sebagai wahana yang tidak begitu berbahaya.

> Kora - kora


Saya menempatkan Kora - kora di posisi yang lebih ekstrim dibandingkan Tornado karena wahana ini bisa dibilang tidak menggunakan pengaman yang lebih ketat. Pengamannnya hanya besi yang anda pegang saat perahu berguncang. Yang lebih berbahaya adalah bila anda duduk di ujung dan ketika perahu berayun ke atas anda mungkin saja anda tersangkut di pohon dan tak bisa turun.

> Halilintar



Halilintar meripakan wahana yang cukup ekstrim walau sebenarnya tidak begitu berbahaya. Di wahana ini anda akan dibawa melesat dengan kecepatan tinggi. Yang paling menantang adalah ketika halilintar melaju berputar 360 derajat. Dibilang berbahaya karena pada kondisi itu ilmu - ilmu yang telah dipelajari sejak SD bisa jatu ke bawah, belum lagi angin yang kencanga bisa merusak kerapihan rambut.

> Histeria


Histeria merupakan wahana baru yang cukup ekstrim. DI wahana ini anda akan dilontarkan ke atas dan dijatuhkan dengan percepatan grafitasi. Tidak disarankan membawa dompet dan barang - barang lain soalnya bisa terjatuh. Tidak disarankan pula bagi ibu hamil. Dan kalo abis makan jangan naik wahana ini dulu jika naik bisa - bisa keluar lagi dari ulut.

> Rumah miring



Rumah miring bisa dibilang lebih ekstrim dibandingkan wahana di atas karena bisa bikin pengunjungnya jadi miring.

> Istana boneka


Inilah dia wahana paling ekstrim di dunia fantasi. Bayangkan saja, dengan menaiki perahu anda akan dibawa menuju gua yang gelap. Di sana banyak sekali boneka - boneka yang bergerak sendiri. Disebut bahaya karena sama sekali tak memakai sabuk pengaman ataupun pengaman lainnnya. Bagaimana jika boneka yang bergerak sendiri itu semuanya menyerang pengunjung. Pasti anda tak akan bisa kabur karena anda tak bisa berlari di atas air.

Selasa, 15 Februari 2011

Empat Situs Terbaik

Alexa.com merupakan sebuah situs yang mengurutkan peringkat situs, website ataupun blog dan sejenisnya. Google hingga saat ini masih menduduki peringkat pertama disusul facebook di peringkat kedua dan Yahoo di peringkat ketiga. Sementara You tube berada di peringkat keempat.


Saat ini google yang menduduki peringkat pertama memang layak karena situs ini merupakan situs yang paling banyak dikunjungi oleh para pengguna internet. Layanan google yang paling banyak dipakai oleh para pengguna internet tentu saja google search enggine. Setiap kali mereka mencari sesuatu di internet google menjadi andalan walaupun sebenarnya banyak mesin – mesin pencari lainnya di internet.

Google merupakan situs yang tampilannya sangat sangat sangat sederhana jika dibandingkan situs – situs lainnnya. Begitu kita masuk ke situs ini akan muncul warna putih dan satu kotak pencari untuk mencari seseuatu di internet berdasarkan kata kunci. Sebenarnya google memiliki banyak sekali layanan seperti google mail, google wave, google talk, dan masih banyak sekali layanan google lainnnya. Namun tentu saja yang paling sering dipakai adalah search enggine nya. Nampaknya kunci sukses google ini terletak pada kesederhanaan tampilannnya namun kaya akan pelayanan.


Facebook merupakan situs yang paling cepat perkembangannnya. Padahal situs ini baru diluncurkan tahun 2006. Mark zugenberg yang merupakan pendiri situs ini awal mulanya membuat situs ini hanya untuk jaringan sosial antar mahasiswa di kampusnya. Namun dengan begitu cepatnya situs ini menyebar hingga saat ini sudah ada ratusan juta orang yang menggunakan facebook. Saat ini facebook merupakan situs jaringan sosial yang paling populer. Kemunculan facebook menyingkirkan friendster yang saat itu sering diguanakan oleh anak – anak muda. Saat ini setiap orang yang terkoneksi dengan internet hampir pasti ia membuka facebook. Keuntungan facebook pun sangat fenomenal. Situs gratisan ini ditahun 2008 saja mampu meraup keuntungan sebesar 300 juta dolar.


Yahoo merupakan situs yang berada di peringkat ketiga versi alexa.com. Kebanyakan orang menggunakan layanan yahoo berupa email disamping yahoo masangger. Yahoo sendiri didirikan oleh dua orang anak muda Jerry Yang dan David Vilo. Situs ini berawal dari hobi dua mahasiswa elektro Universitas Standford ini. Yahoo merupakan singkatan dari “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”. Yahoo! Merayakan pertama kalinya jutaan klik per harinya pada tahun 1994, yaitu tak kurang dari 100 ribu macam pengunjung yang unik. Yahoo! Adalah brand internet global pertama dan menjangkau pemirsa paling besar dalam dunia maya.


You tube merupakan situs tempat ,elihat dan berbagi video paling terbaik. Situs ini pertama kali dibuat di sebuah garasi. You tube merupakan situs yang telah diakuisisi google. Situs ini pun memiliki perkembangan yang cukup pesat. Pertama kali didirikan tahun 2005 oleh tiga orang pemuda di salah satu garasi. Mereka adalah Chad Hurley, Steve Chan, dan Jawed Karim. Ide untuk membuat situs ini bermula ketika mereka prustrasi saat berusaha mengirim email berisi sebuah video. Mereka
kemudian menyempurnakan infrastruktur platform video sharing mereka selama beberapa jam. Kesuksesan You tube tidak terlepas dari tampilan websitenya. Di situs ini orang dengan mudah mencari video yang ingin ia lihat.

Nah itu dia kilasan singkat mengenai 4 situs teratas versi alexa .com. Namun hingga saat ini saya belum mengerti bagaimana alexa .com mengurutkan situs – situs yang ada di seluruh dunia. Jika cara pengurutannnya berdasarkan jumlah pengunjung saya kira tidak tepat karena saya memiliki beberapa blog salah satunya rivalardiles.blogspot.com ini memiliki peringkat yang jauh di bawah ketimbang blog saya yang lain www.mau-ebook.blogspot.com. Padahal blog saya yang ini memiliki pengunjung yang lebih banyak jika dibandingkan dengan blog saya yang satu lagi itu. Tapi apapun itu yang patut disimpulkan dari situs – situs papan atas tadi adalah memberikan layanan yang terbaik. Keempat situs itu memberikan layanan yang terbaik dan gratis kepada para pengguna internet. Walaupun mereka memeberikan layanan gratis, namun keuntungan yang mereka dapat begitu besar sekali. Ini membuktikan bahwa jika kita memberikan yang terbaik maka kita akan mendapatkan yang terbaik pula.

Sabtu, 12 Februari 2011

Verifikasi paypal tanpa kartu kredit tanpa VCC

Paypal merupakan alat pembayaran transaksi virtual yang sudah dikenal dan memiliki kredibilitas. Saat ini sebagian besar bisnis via online mengandalkan paypal sebagai alat media transaksinya. Dana dari paypal dapat dicairkan dengan mudah ke bank – bank lokal. Untuk membuat akun paypal sendiri mudah saja tinggal kunjungi saja www.paypal.com. Kemudian klik sign up lalu pilih negara anda. Setelah itu baru anda memilih jenis rekening paypal yang akan anda gunakan. Pilihannnya ada 3, Pribadi, primer, dan bisnis. Pribadi untuk perseorangan yang berbelanja online, primer untuk perorangan yang membeli dan menjual online, dan bisnis bagi pedagang yang menggunakan nama kelompok atau perusahaan. Setelah itu isikan data diri anda sesuai form yang telah disediakan. Dan jadilah akun paypal anda.

Tapi akun paypal anda statusnya belum terverifikasi. Untuk memverifikasi akun paypal anda, anda harus mempunyai kartu kredit. Tapi saat ini tidak semua orang mempunyai kartu kredit. Untuk itu anda bisa menggunakan VCC atau virtual Credit Card. Tapi VCC ini harus dibeli dan harganya berkisar antara 45-75 ribu rupiah. Paypal sendiri pernah membuat kebijakan bahwa membernya dapat melakukan verifikasi menggunakan bank lokal. Tapi itu dulu dan sekarang tidak lagi. Tapi jangan khawatir, saat ini pun akun paypal bisa diverikasi tanpa menggunakan kartu kredit maupun VCC. Caranya coba saja kirimkan email ke paypal dan tanya bagaimana caranya memverifikasi akun paypal walau tak memiliki kartu kredit.

Dengan segera pihak paypal akan mengirimkan email balasan mengenai caranya. Dan caranya adalah anda disuruh untuk mengirimkan poto anda dalam ID card (KTP atau SIM misalnya), dan sacan rekening bank lokal anda. Setelah paypal menerima poto ID card dan scan rekening bank lokal anda pihak paypal pun akan memverifikasi akun paypal anda. Selamat mencoba. . . . ..!!!!!!

Kamis, 03 Februari 2011

"Kotoran hewan yang bisa dijadikan minuman enak"

DImana - mana yang namanya kotoran itu bau. Ngak ada kotoran yang bisa dimakan atau diminum

Etsssss. . .. .siapa bilang. Ternyata ada loh minuman yang enak yang harganya mahal tapi sebenarnya dibuat dari kotoran. Ya. . . Kopi luak. Kopi luak disebut - sebut sebagai kopi yang paling enak. Padahal dibuatnya dari kotoran hewan yaitu luwak.

Jika ditinjau dari sejarah, kopi luwak pertama kali dibuat pada jaman belanda. Waktu itu petani kopi kita dilarang untuk mengkonsumsi kopi yang mereka tanam sendiri oleh pemerintah belanda. Tapi suatu saat petani kopi melihat ada hewan yang memakan biji kopi. Dan hewan itu tidak sembarangan memakan biji kopi, tapi dipilih dahulu biji kopi yang terbaik. Petani itu pun melihat tingkah laku hewan Luwak itu. Dan yang aneh adalah kotoran hewan itu ternyata masih berupa geruntulan biji kopi yang masih utuh.

Oleh petani kemudian kotoran Luwak itu dibawa,dibersihkan,dan diolah menjadi minuman kopi. Petani itu pun kemudian terkejut ternyata kopi yang diproses dari kotoran Luwak itu rasanya jauh lebih enak dibandingkan kopi biasa.

Adapun proses pembuatan kopi luwak itu adalah :
Pertama kotoran luwak itu dijemur sampai mengering. Lalu setelah mengerig biji kopi dari kotoran luwak yang masih menempel satu sama lain dipisahkan satu per satu.
Kemudian ditumbuk sampai hancur dan berbentuk bubuk. Setelah itu kopi bisa diseduh.
Harga kopi luwak disebut - sebut jauh lebih mahal dibandingkan kopi biasa dan rasanya pun disebut - sebut jauh lebih enak dibandingkan kopi - kopi lain. Walaupun saya sendiri belum pernah nyoba sih. . .

Kamis, 27 Januari 2011

FENOMENA CROP CIRCLE





Beberapa hari belakangan ini sempat muncul berita yang menghebohkan, tepatnya di daerah Sleman Yogyakarta. Disana di temukan crop circle di sebuh ladang.

Sebenarnya apa sih yang disebut crop circle?
Crop circle pertama kali ditemukan di inggris dengan bentuk lingkaran. Crop circle merupakan lambang yang aneh yang biasanya ditemukan di ladang. Biasanya crop circle dihubung - hubungkan dengan kemunculan UFO. Yang menjadi perdebatan adalah apakah crop circle dibuat oleh manusia atau bukan. Jika awalnya crop circle yang ditemukan hanya berbentuk lingkaran. Saat ini bentuk crop circle semakin rumit seperti sebuah lukisan yang terhampar di sebuah ladang jka dilihat dari atas.

Di luar negeri sendiri pernah ditemukan lambang crop circle yang jadi hanya dalam tempo satu malam. Atau bahakan ada yang hanya dalam tempo beberapa menit saja. Dengan luas area yang cukup luas dan bentuk yang begitu rumit memebuat masyarakat berpikir bahwa tidak mungkin crop circle dibuat oleh manusia.

Para ilmuan sendiri sejak lama melakukan penelitian mengenai fenomena ini. Ada ilmuan yang menyebutkan bahwa crop circle terbentuk akibat adanya medan magnet di permukaan bumi. Adapula yang menyebut crop circle terbentuk akibat radiasi, bahkan ada juga yang menyebut terbentuknya crop circle akibat adanya tornado. Namun apakah mungkin kejadian alam tersebut bisa menghasilkan karya yang luar biasa.

Memang sampai saat ini masih banyak misteri yang belum terpecahkan mengenai terbentuknya crop circle. Walaupun ada beberapa yang memang dibuat oleh tangan manusia namun sebagian masyarakat masih percaya bahwa crop circle dibuat oleh makhluk asing.
Crop circle yang ditemukan di Sleman yogyakarta sendiri pihak LAPAn sempat melakukan peninjauan dan dari hasil yang ditemukan dilapangan mereka menyimpulkan bahwa crop circle tersebut hasil dari buatan manusia.

Memang ada sekelompok mahasiswa yang memiliki kecerdasan di bidang matetmatika mengklaim bahwa merekalah yang membuat lambang crop circle tersebut.Namun ada juga masyarakat yang mengambil gambar sebuah UFO yang terbang di wilayah tersebut. Jadi benarkah crop circle itu bukan buatan manusia. Percaya gak percaya merupakan jawaban yang paling objektif untuk menyikapi fenomena tersebut.Berikut ini beberapa gambar crop circle










Minggu, 16 Januari 2011

KESEDERHANAAN

Banyak orang yang mendambakan hidup serba mewah dengan harta melimpah memiliki mobil mewah dan fasilitas – fasilitas mewah. Namun yang menjadi pertanyaan adalah apakah mereka yang sudah mendapatkan itu semua merasa nyaman dengan hidup mereka? Jawabannya adalah belum tentu.
Banyak orang yang telah sukses mendapatkan kekayaan dan popularitas justru merasa tak nyaman dengan hidup mereka saat ini. Segala aktivitasnya dipantau media. Belum lagi jiga ada isu yang nggak bener.
Ada seorang pengusaha besar yang telah menghasilkan milyaran rupiah. Mobilnya mewah, rumahnya megah dan memiliki beberapa perusahaan. Namun ia tak merasa nyaman dengan apa yang telah ia dapatkan itu. Kondisi seperti itu membuat orang segan padanya. Tak ada yang berani berbincang padanya di kantornya karena orang lain merasa segan.
Tapi suatu ketika saat ia datang ke kantor ia disapa oleh seorang office boy. Lalu ia ajak ngobrol office boy tersebut dan ia merasa nyaman berbincang dengan office boy tersebut. Rupanya si office boy itu sama sekali tidak mengetahui kalau orang yang berbincang dengannya itu adalah pemilik kantor tempat ia bekerja.
Karena si pengusaha itu sudah jenuh dengan hidupnya sebagai orang kaya, ia sudah merasa prustasi sebagai orang kaya, akhirnya ia melepaskan semua kekayaannya, semua aset perusahaannya, termasuk mobil dan rumah mewahnya. Dan ia mulai menata lagi hidupnya dari awal.
Ini membuktikan behwa sesukses apapun dan sekaya apapun kesederhanaan itu perlu. Seperti yang dilakukan oleh Bob sadino yang terus memakai celana pendek walaupun telah meraih kekayaan. Tapi bukan berarti memakai celana pendek bisa dianggap sebagai hal yang sopan.
Kesederhanaan juga diperlukan untuk kesuksesan. Salah satu contohnya website yang paling banyak dikunjungi saat ini adalah website yang tampilannya paling sederhana. Apa itu? Tentu saja google. Orang lebih banyak mengenal google sebagai mesin pencari yang paling sering dipakai. Karena kesederhanaan tampilannya mengundang banyak orang yang memanfaatkan pelayanan yang diberikan oleh google.
Jadi sederhana dalam sikap kaya dalam karya

Jumat, 14 Januari 2011

TIPE - TIPE MAHASISWA

Mahasiswa ternyata memiliki beberapa tipe berdasarkan aktivitasnya. Tipe tersebut antara lain :
• Kupu – kupu
Kupu – kupu (kuliah pulang kuliah pulang) merupakan tipe mahasiswa yang kesehariannya diisi dengan kuliah. Namun tidak ada kegiatan di luar kuliah. Mahasiswa tipe ini bisa dibilang baik tapi juga ga bisa dibilang baik – baik amat. Baiknya karena habis kuliah langsung pulang tidak mengisinya dengan aktivitas – aktivitas yang negative. Namun kurang baiknya adalah cenderung autis dan tidak ada kegiatan lain untuk mengisi waktu luang.
• Kura – kura
Kura – kura (Kuliah rapat – kuliah rapat) merupakan tipe mahasiswa yang aktif dalam kegiatan organisasi. Baik organisasi himpunan maupun organisasi kampus. Kelebihannya adalah ia memiliki banyak koneksi dan jiwa kepemimpinan yang cukup baik. Namun kelemahannya adalah terkadang kuliah bisa terabaikan karena terlalu sibuk mengurusi organisasi.
• Kunang – kunang
Kunang – kunang (kuliah nangkring – kuliah nagkring) merupakan mahasiswa yang tiap habis kuliah biasanya nangkring di suatu tempat. Tipe mahasiswa ini bisa baik bisa buruk tergantung dimana dan ngapain dia nangkring disini. Contoh yang baik adalah mahasiswa yang sehabis kuliah nagkring di perpustakaan untuk mencari referensi tugas mata kuliah tertentu. Contoh yang buruk misalkan mahasiswa tersebut nangkring di jalanan malakin anak SMP.
• Kutu – kumpret
Kutu kumpret (kuliah tumben kudu di kepret) adalah tipe mahasiswa yang kuliahnya jarang masuk. Sekalinya masuk tumben sekali. Tipe mahasiswa seperti ini memang layak kudu dikepret karena selain menghambur – hamburkan biaya kuliah juga tidak punya tujuan yang jelas akan bidang kuliah yang dipilih. Biasanya juga bolosnya itu dipake untuk hal – hal yang cenderung negatif.

Itulah beberapa tipe mahasiswa dari segi kegiatannya.

KISAH PENYESALAN SEORANG AYAH

Diangkat dari sebuah kisah nyata yang terjadi di negeri paman Sam Amerika Serikat. Disana tinggallah sebuah keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Suatu ketika Si ayah baru saja berhasil membeli mobil baru dari hasil kerja kerasnya selama ini. Mobil itu pun di parkir di depan rumahnya. Anaknya yang masih sangat kecil itu pun merasa senang sekali dengan mobil baru ayahnya itu.
Tapi mobil baru ayahnya itu menimbulkan rasa penasaran bagi si anak. Anak itu pun lantas mengambil palu dan memukul – mukulkan ke mobil itu. Ia terus melakukan hal itu sampai suatu ketika ayahnya mengetahui apa yang ia lakukan. Si Ayah pun merasa sangat marah, bahkan sangat marah sekali. Ia membentak anaknya dan yang lebih parah lagi mengambil palu itu dan memukul – mukulkannya ke jari anaknya hingga jari – jari anaknya pun terluka.
Setelah memukul – mukul jari anaknya dengan menggunakan palu, ia merasa kasihan dengan anaknya yang menangis dan menjerit – jerit merasa kesakitan dari jari – jarinya yang mengeluarkan darah. Si ayah itu pun segera membawanya ke rumah sakit terdekat.
Namun ternyata luka yang dialami si anak pada jarinya itu sangat parah. Dan dokter mengatakan bahwa jari – jarinya harus di amputasi. Mendengar hal itu si ayah pun merasa menyesal sekali akan apa yang ia telah lakukan pada anaknya itu.
Rasa penyesalannya pun semakin bertambah ketika si anaknya yang tangannya di perban dan sudah tak memiliki jari tangan lagi berkata padanya.
“Ayah, maafkan aku karena aku telah merusak mobil ayah. Aku merasa menyesal sekali. Tapi ayah, kapankah jari – jariku ini bisa kembali seperti semula agar aku bisa memperbaiki mobil ayah?”
Mendengar apa yang anaknya katakan si ayah pun menangis dan pergi dengan rasa penyesalan yang teramat besar. Dan tahukah apa yang ia lakukan????. . . . . .mengakhiri hidupnya.

Rabu, 12 Januari 2011

BAMBU SEBAGAI PENGGANTI BAJA TULANGAN


Beton merupakan material struktur yang mampu menahan kuat tekan yang begitu kuat namun lemah menahan kuat tarik. Oleh sebab itu, untuk mendukung kekuatannya dari beban yang menimbulkan gaya tarik pada struktur tersebut, maka di dalam beton dipasang baja tulangan yang dirangkai sedemikian rupa. Namun material baja yang merupakan logam semakin lama semakin mahal dan proses produksinya yang membutuhkan teknologi tinggi.

Semakin mahalnya baja tulangan mendorong beberapa ahli untuk mencari material alternatif untuk menggantikan peran baja tulangan tersebut. Bahan polimer sempat menjadi kandidat untuk menggantikan peran baja tulangan tersebut. Namun beberapa waktu ini beredar ide bahwa bambu bisa digunakan untuk menggantikan peran baja tulangan pada struktur beton. Ternyata itu bukan merupakan omong kosong belaka. Bambu memang merupakan tanaman tanaman yang kuat. Wajar apabila bambu diusung sebagai kandidat untuk menggantikan baja tulangan.

Tapi tenyata ide untuk menjadikan bambu sebagai material pengganti tulangan bukan baru – baru ini. Tapi beberapa penelitian sudah dilakukan sejak tahun 90-an. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa bambu mempunyai Tegangan tarik yang cukup besar terutama pada bagian kulitnya.

Nah ternyata bambu bukan hanya bisa dijadikan bahan gula ataupun makanan panda. Bukan pula Cuma bisa dijadikan untuk lomba panjat pinang. Tapi bambu juga bisa digunakan sebagai struktur material bangunan.

Minggu, 09 Januari 2011

TERJADINYA PETIR


Mungkin sebelumnya kita menyangka bahwa petir terbentuk akibat dari gesekan antara awan. Nah. . . .kalo itu kayanya Cuma ada di film kartun. Padahal proses terjadinya petir tidaklah sesederhana itu. Ada 2 macam petir berdasarkan proses pembentukannya. Yaitu petir yang terjadi dari loncatan muatan listrik antara awan dengan awan dan antara awan dengan permukaan bumi. Loncatan muatan elektron terjadi akibat pergerakan angin di dalam awan. Kecepatan pergerakan angin tersebut dapat mencapai 150 km / jam. Angin tersebut memicu partikel air di awan membeku dan terbentuk partikel es. Partikel suatu ketika terpecah menjadi kristal es yang menyebabkan pecahnya pula struktur elektron di dalamnya. Hal ini mengakibatkan partikel es yang lebih berat jatuh ke lapisan awan di bawahnya. Partikel es ini bermuatan negatif sedangkan partikel es yang lainnya akan tertiup angin ke lapisan awan di atasnya. Sehiingga lapisan awan di atasnya bermuatan positif. Akibatnya terjadi perbedaan muatan antara awan atas dengan awan di bawahnya. Nah. . . ternyata prosesnya belum selesai sampai di situ. Selebihnya tanya sama mbah google soalnya saya juga pusing

Untuk petir yang terjadi antara awan dengan permukaan bumi perbedaan tegangan yang terjadi harus 10 juta volt. . . buset. . . Tapi udara hanya mempunyai kemampuan mentransfer listrik sebesar 3 juta volt. Lalu bagaimana petir bisa terjadi ?

Nah ternyata udara bisa membentuk jalur elektron akibat proses ionisasi antara udara dengan elektron. Bentuk jalur tersebut zigzag yang menghubungkan awan dengan permukaan tanah. Setelah adanya jalur konduktor ini, petir dapat terjadi hanya dengan perbedaan tegangan sebesar 250.000 volt. Sementara itu suara gemuruh petir yang menggelegar diakinbatkan oleh adanya pemanasan secara tiba – tiba pada udara di jalur konduktor tersebut. Pemansan yang berlangsung cepat tersebut lebih panas dari panas matahari.

Indonesia sendiri merupakan negara penghasil petir yang cukup banyak karena Indonesia merupakan negara yang memiliki curah hujan yang cukup tinggi.
Petir memang terjadi hanya sekejab mata namun ternyata petir membutuhkan proses yang tidak sesimpel apa yang kita bayangkan.

Fatamorgana


Fatamorgana merupakan suatu peristiwa yang masih dianggap aneh. Bagaimana tidak, ketika seseorang sedang berada di gurun pasir seolah ia melihat sebuah danau ataupun air yang begitu melimpah. Namun ketika didekati ternyata tidak ada apa – apa. Bagi seorang yang sedang berada di tengah gurun pasir dengan panas yang begitu menyengat tentu saja hal yang paling didambakan adalah air. Namun sangat sangat dan sangat sulit sekali mendapatkan air di gurun pasir yang tandus. Karena itulah ketika terjadi fatamorgana memang terasa amat tertipu.

Sebenarnya fatamorgana merupakan kejadian yang bisa dijelaskan dalam konteks ilmu pengetahuan. Fatamorgana sebenarnya merupakan hasil pembiasan cahaya matahari yang membisakan objek langit. Fenomena ini biasanya terjadi di permukaan yang panas seperti di gurun pasir ataupun di jalan aspal.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...