Rabu, 17 November 2010

PELANGI DI MALAM HARI

Setelah hujan ketika matahari kembali muncul dari balik awan dan menyinari bumi terkadang kita melihat pelangi yang indah. Pelangi atau rainbow terdiri dari susunan warna merah jingga kuning hijau, biru, nila, dan ungu (mejikuhubiniun). Pelangi terjadi akibat pembiasan cahaya matahari yang menyoroti tetes – tetes air hujan sehingga terlihat warna – warni di langit. Mungkin semua orang pernah melihat pelangi. Pelangi yang muncul di siang hari akibat sinar matahari. Namun percayakah anda kalau pelangi ternyata juga bisa muncul di malam hari?????

Percaya atau tidak pelangi ternyata juga bisa muncul di malam hari. Pelangi yang muncul di malam hari ini disebut moonbow. Memang sih peristiwa ini tergolong peristiwa yang langka. Tapi ini benar – benar bisa terjadi. Pelangi yang muncul di malam hari atau moonbow tentu bukan disebabkan oleh cahaya matahari. Karena anak SD pun tau kalo malem ya ga ada cahaya matahari. Pelangi tersebut disebabkan oleh cahaya bulan. Namun pelangi ini jarang sekali terlihat karena hanya dapat terlihat ketika bulan ada pada titik rendah pada saat bulan purnama sampai hampir purnama.

Di amerika serikat sana ada satu tempat yang populer untuk melihat moonbow. Tempat tersebut adalah di air terjun Cumberland di Kentucky. Cahaya rembulan yang dibiaskan oleh percikan – percikan air terjun memungkinkan terjadinya pelangi di malam hari.

Wow. . . . .ternyata pelangi ada juga ya di malam hari. Tapi. . . tapi kalo pelangi bisa ada di malam hari. Kenapa bintang ga keliatan ya di siang hari. .??????

1 komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...