Sabtu, 27 November 2010

GAYA SENTRIPETAL

Andaikata ada sebuah bola yang diikatkan dengan tali, coba anda pegang ujung tali tersebut dan putarkan mengelilingi tubuh anda. Pasti semakin cepat anda memutarnya semakin kuat pula gaya tegang pada tali tersebut, dan jika talinya tak kuat bisa putus. Hal itu terjadi karena semakin kencang diputar maka bola (dalam hal ini sebagai beban) akan berusaha untuk keluar dari lintasan putaran tersebut. Atau jika anda suka nonton motoGP, setiap pembalap pasti mengurangi kecepatan di tikungan. Banyak pembalap yang keluar lintasan di tikungan. Itu semua akibat suatu gaya yang dinamakan gaya sentripetal atau sentrifugal. Gaya ini merupakan gaya yang bekerja untuk membuat benda yang berputar pada suatu lintasan ke luar dari lintasannya tersebut.

Lalu bagaimana dengan planet – planet yang mengelilingi matahari ?
Planet – planet yang mengelilingi matahari termasuk bumi tetap berada pada lintasannya dikarenakan adanya gaya tarik antara planet dengan pusat lintasannya atau matahari. Gaya ini bisa disebut juga gaya gravitasi.

Pernahkah kita sadari bahwa sering kali kita sebenarnya mengetahui apa yang baik dan apa yang buruk bagi kita, namun kita justru melenceng dari apa yang seharusnya itu. Seolah apa yang anda lakukan, atau tindakan yang anda pilih dipengaruhi oleh alam bawah sadar anda.
Semakin kencang roda kehidupan berputar, semakin semakin kuat pula gaya yang memaksa keluar dari yang seharusnya. Jadi kuatkanlah tali agar gaya sentripetal yang bekerja dapat ditahan.


EmoticonEmoticon