Minggu, 26 September 2010

PESATNYA PERKEMBANGAN KOMUNNIKASI




Perkembangan teknologi begitu pesat sekali. Sejak ditemukannya pesawat telepon untuk pertama kalinya oleh Alexander Graham Bell, telepon mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pada jamannya setelah ditemukan pesawat telepon orang – orang termasuk Graham Bell sendiri berpikir bahwa tak akan mungkin ada telepon yang bisa dibawa ke mana – mana karena akan membutuhkan kabel yang panjang dan tentu sangat merepotkan. Namun nyatanya sekarang telepon yang seperti itu ada di setiap kantong celana atau tas setiap orang. Telepon itu yang biasa disebut Hand Phone atau seluler.

Hand phone yang pertama kali diluncurkan adalah Motorola DynaTAC 8000x pada tahun 1983. Jangan piker hand phone ini udah bisa dipake sms-an. Handpone ini hanya bisa dipake untuk nelepon. Jangan juga piker kalo hand phone ini bisa ditaro di saku celana. Bentuknya masih cukup besar dan kurang praktis untuk dibawa kemana – mana. Bentuk hand phone ini sama dengan bentuk tempat minum waktu saya SD heheh. . . .




Perkembangan Hand phone begitu cepat dan selanga lima tahun atau di tahun 1992 SMS untuk pertama kalinya bisa dikirim lewat Hand phone melalui jaringan GSM Vodafone.


8 Tahun kemudian atau di tahun 2000 untuk pertama kalinya Hand phone dengan fasilitas kamera dibuat. Ponsel kamera pertama kalinya itu dikeluarkan di Jepang dengan merek Sharp J-SH04. Hand phone ini memiliki resolusi kamera 110.000 piksel atau hanya 0.11 megapiksel. Sekarang ini resolusi kamera pada ponsel sudah mencapai 8 sampai 10 megapiksel.


Ponsel yang miliki kemampuan dual mode GSM dan CDMA pertama kali diluncurkan pada tangal 26 September tahun 2002.


Sejak ditemukannya ponsel hingga saat ini Hand phone telah mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Banyak sekali fitur yang bisa dinikmati dari ponsel antara lain video, mp3, games,radio TV dll. Bahkan internet sudah bisa dinikmati di handpone. Nah . . . kita tunggu saja fasilitas apa lagi yang akan ditemukan pada hand phone. Transaksi pun sudah bisa dilakukan lewat Hand phone. Mungkin suatu saat nanti bakal bisa ngambil uang dari Hand phone kali ya. . . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...