Minggu, 08 November 2009

MEMBANGUN ITU LEBIH SULIT

Membangun sebuah bangunan yang tinggi dan kokoh memang tidaklah segampang membalikkan telapak tangan. Itu semua pasti membutuhkan perencanaan yang benar – benar matang, belum lagi pelaksanaannya dan perawatannya. Di tahap perencanaan harus dipikirkan desainnya, kekuatan strukturnya, dampak lingkungan yang ditimbulkan, dll. Dari mulai perencanaan, pelaksanaan sampai bangunan itu jadi membutuhkan proses yang rumit. Tapi bagaimana dengan menghancurkannya?

Ingatkah kita dengan peristiwa 11 september di Amerika. Ya. . .saat itu 2 gedung kembar pencakar langit hancur hanya dalam waktu beberapa menit saja setelah ditabrak 2 pesawat yang dibajak. Ribuan korban berjatuhan, seiring dengan gedung yang hancur. Peristiwa itu tentu takkan terlupakan.

Kepercayaan adalah sesuatu yang berharga dan harus dibangun dengan selalu berbuat baik, jujur, bijaksana, dan bertanggungjawab. Semua itu harus dibangun dan dipelihara terus menerus karena hidup tanpa kepercayaan dari orang lain tidak jauh beda dengan setangkai pohon yang layu di luasnya gurun pasir. Kepercayaan itu ibarat air yang selalu kita minum setiap hari, jika semua itu tidak ada anda bisa menebak apa akibatnya. Sebuah toko bisa bertahan karena ada pembeli yang percaya, sebuah perusahaan bisa bertahan karena ada kepercayaan dari konsumennya, seorang artis bisa tetap exis karena ada kepercayaan dari penononton.

Tapi kepercayaan itu bisa hancur begitu saja akibat satu kesalahan fatal walaupun kita sudah menjaganya selama bertahun – tahun. Bayangkan saja pedagang bakso yang biasanya laku dalam sekejap ditinggalkan pembelinya ketika pembelinya mengetahui baksonya menggunakan daging tikus walaupun tukang baksonya mungkin baru sekali menggunakan daging tikus. Seorang hakim dipecat dari pekerjaanya akibat kasus penyuapan yang baru sekali ia lakukan, Seorang dokter kehilangan pekerjaan yang telah digelutinya selama puluhan tahun akibat kasus malpraktek. Ya. . . semua itu bisa terjadi.

Jadi teruslah pelihara kepercayaan dengan selalu berbuat baik, jujur, amanah, dan bertanggung jawab. Dan ingatlah kepercayaan itu dimulai dari diri sendiri. Jika anda percaya diri anda bisa maka anda akan bisa, jika anda ingin menjadi orang yang luar biasa maka percayalah bahwa diri anda punya potensi yang luar biasa, dan anda akan menjadi orang yang istimewa dalam kehidupan ini jika anda percaya bahwa diri anda begitu istimewa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...